» » » » Kulit "Gelap", tak masalah dan Jangan Minder, ini alasannya

Kulit "Gelap", tak masalah dan Jangan Minder, ini alasannya

Penulis By on Jumat, 25 Agustus 2017 | No comments

7 Alasan Mengapa Perempuan Berkulit Gelap Itu Beruntung

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kulit putih bercahaya menjadi dambaan banyak perempuan Indonesia. Bahkan, banyak dari kita yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk bisa mendapatkan perawatan kulit maksimal.
Tapi nyatanya, perempuan yang memiliki kulit gelap perlu bersyukur karena diuntungkan dengan 7 hal ini. Apa saja?


1. Terlindungi dari sinar matahari
Setiap orang memiliki jumlah melanosit (sel yang memproduksi melanin) yang sama, apapun warna kulit kita. Namun, yang membedakan adalah ukuran dan penyaluran melanositnya. Semakin besar ukuran melanosit yang dimiliki, maka kulit akan semakin gelap.
Keuntungan memiliki jumlah melanin yang banyak di kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit terlindungi dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari yang parah.
Meskipun demikian, orang-orang berkulit gelap tidak sepenuhnya terjamin dari kerusakan akibat sinar matahari. Jika ingin bepergian di cuaca terik, jangan lupa gunakan pelindung kulit sesuai kebutuhan, Bu!

2. Mengurangi risiko kanker kulit
Karena memiliki pigmen melanin yang banyak, orang berkulit gelap lebih banyak terproteksi dari sinar UV dibandingkan orang-orang yang berkulit putih.
Ini disebabkan karena paparan sinar UV yang mengenai kulit orang gelap tidak mudah merusak jaringan sel-selnya, sehingga mengurangi risiko kanker kulit.

3. Melindungi sistem saraf
Pigmen melanin berfungsi melawan radikal bebas dan terbukti mampu melindungi sistem saraf pusat dari jamur Cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis.
Infeksi jamur ini menyebabkan pembengkakan, iritasi pada otak, dan juga sumsung tulang belakang.

4. Kebal terhadap beberapa penyakit
Pada serangga, melanin diketahui mampu melindungi sejumlah penyakit dengan cara menelan dan membunuh mikro organisme. Para peneliti pun beranggapan jika melanin memiliki fungsi yang sama pada manusia.

5. Lebih rendah risiko bayi cacat
Melanin berfungsi menyaring sinar ultraviolet untuk mencegah kerusakan pada DNA. Dengan begitu, perempuan berkulit gelap memiliki tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat.

6. Membuat awet muda
Melanin memiliki banyak manfaat signifikan bagi kesehatan termasuk manfaat untuk kecantikan perempuan. Hal ini karena melanin mampu menjaga kulit dari penyebab kerusakan jangka panjang yang berhubungan dengan penuaan seperti kerutan, tekstur permukaan kasar, dan lainnya.
Selain itu, orang yang memiliki kulit gelap juga cenderung memiliki serat kolagen yang banyak dan lebih tebal dibandingkan kulit putih. Itu sebabnya pemilik kulit gelap cenderung terlihat lebih awet muda.

7. Memiliki tulang yang kuat
Banyaknya jumlah pigmen pada kulit gelap mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. Hal inilah yang membuat pemilik kulit gelap berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak.
7 Alasan Mengapa Perempuan Berkulit Gelap Itu Beruntung
nova
Ilustrasi 
Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/08/25/7-alasan-mengapa-perempuan-berkulit-gelap-itu-beruntung?page=all

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Sabtu/26082017/09.50Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya