» » » » Sejarah Baru Birokrasi di KalSel khususnya di Banjarmasin : Disaksikan Walikota, para RT dan RW dilantik langsung Camat

Sejarah Baru Birokrasi di KalSel khususnya di Banjarmasin : Disaksikan Walikota, para RT dan RW dilantik langsung Camat

Penulis By on Jumat, 20 Oktober 2017 | No comments

258 Ketua RT dan RW Dilantik Camat Banjarmasin Tengah
PROKAL.CO, BANJARMASIN – Kecamatan Banjarmasin Tengah memberikan sejarah baru dalam model pelayanan pemerintahan di Kota Banjarmasin. Untuk pertama kalinya sebanyak 258 ketua RT dan RW dilantik langsung oleh Camat Banjarmasin Tengah.
Walikota Banjarmasin Ibnu Sina turut menyaksikan beserta seluruh pejabat lingkup Pemko Banjarmasin. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Taman Patung Bekantan Siring Pierre Tendean, kemarin pagi. Menurut Ibnu Sina, inovasi dan kreativitas yang dilaksanakan jajaran Kecamatan Banjarmasin Tengah ini patut diapresiasi. “Ini pertama kalinya ketua RT dan ketua RW dilantik langsung oleh Camat. Ini sejarah dalam Kota Banjarmasin, karena saya dulu pernah menjabat sebagai Ketua RT 50, Kelurahan Pemurus selama 8 tahun, dan belum pernah dilantik,” ungkap Ibnu Sina.


Walikota menilai para ketua RT dan RW yang dilantik saat ini termasuk beruntung. “Mudah-mudahan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan bisa tetap membantu pemerintah kota dalam melayani masyarakat yang mempunyai keperluan,” ucap Ibnu Sina.
Ibnu Sina berharap para ketua RT dan RW yang sudah dilantik dapat melayani warga dengan sebaik-baiknya. Dengan honor Rp 400 ribu per bulan, Ibnu Sina mengingatkan agar para ketua RT dan RW ini menjadi mitra pemerintah kota dalam melayani masyarakat. “Mereka tak boleh pasif atau hanya menunggu. Para ketua RT dan RW harus bisa menggerakkan masyarakat untuk mewujudkan Banjarmasin yang Bersih dan Nyaman (Baiman). Ya, seperti bersih-bersih kampung dan sungai, termasuk urusan pelayanan warga jangan sampai dipersulit,” pesannya.
Dari 258 ketua RT dan RW yang dilantik, terdapat 60 orang merupakan wajah baru atau 30 persen. “Gembiranya lagi, ternyata para ketua RT ini banyak pula dari kalangan ibu-ibu. Sosok keibuan ini sudah sepatutnya memberi perhatian penuh kepada warga. Sebab, selama ini untuk menjadi ketua RT harus didorong, bukan berdasar kesadaran diri,” bebernya.
Ketua RT 49 Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah, Toto Jauhar ikut memberikan apresisasinya terhadap pelantikan yang langsung dilakukan Camat Banjarmasin Tengah. Mengingat selama dia menjabat sebagai ketua RT tidak pernah dilakukan pelantikan semacam itu. “Biasanya hanya lurah yang melantik. Ini langsung pak camat,” katanya yang sudah menjabat sebagai Ketua RT 46 selama 4 periode tersebut. 
Dia mengatakan untuk gaji biasanya diterima per tiga bulan sekali. Untuk per bulannya dia menerima sekitar Rp 400 ribu. “Kalau masa jabatan RT satu periodenya 3 tahun,” jelasnya.
Camat Banjarmasin Tengah, Diyanor mengatakan kegiatan yang dilaksanakan jajarannya itu merupakan amanat dari Perda Kota Banjarmasin nomor 23 tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW di Kota Banjarmasin. Kecamatan Banjarmasin Tengah terdiri atas 239 RT dan 19 RW. “Ini merupakan bentuk upaya kita menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan,” terangnya.
PERTAMA KALI: 258 ketua RT dan RW dilantik oleh Camat Banjarmasin Tengah dilakukan di Taman Patung Bekantan Siring Pierre Tendean, kemarin pagi
Sumber Berita :  http://kalsel.prokal.co/read/news/11843-258-ketua-rt-dan-rw-dilantik-camat-banjarmasin-tengah.html

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Jum'at/20102017/14.59Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya