» » » » » » Kontroversi Tuan Guru Bajang (TGB) atau Dr H Muhammad Zainul Majdi Lc MA kader Partai Demokrat dan calon Presiden kelompok 212 yang akhirnya dukung Pak Jokowi (Video)

Kontroversi Tuan Guru Bajang (TGB) atau Dr H Muhammad Zainul Majdi Lc MA kader Partai Demokrat dan calon Presiden kelompok 212 yang akhirnya dukung Pak Jokowi (Video)

Penulis By on Senin, 09 Juli 2018 | 1 comment

Dukungan TGB ke Jokowi Pukulan Telak Bagi Demokrat dan AHY

JAKARTA – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menganggap sikap Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin dua periode sangat mengejutkan.
Karena menurut Adi, selama ini TGB dianggap representasi umat Islam 212 yang posisinya berhadapan dengan pemerintah. “Pasti ada sesuatu yang di luar nalar rakyat biasa. Alasan persisnya hanya TGB dan Tuhan yang tau,” ujar Adi, Minggu (8/7/2018).
Adi menilai, sikap politik putar haluan TGB paling mungkin bisa dibaca karena Demokrat tak pernah memberikan ‘angin surga’ soal pencapresan TGB di 2019. Menurutnya, meski sudah melakukan safari politik, namun karpet merah pencapresan ternyata hanya untuk sang putra mahkota Cikeas, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Langkah TGB nyaris tak pernah ditanggapi Demokrat.

 ini adalah link video komentar TGB di https://www.youtube.com/watch?v=yBWF-3tL2CA

BacaDukungan TGB Kepada Jokowi Hasil Berpikir Rasional dan Bersikap Merdeka.
Menurut Adi, dukungan TGB ke Jokowi sangat merugikan Demokrat karena TGB merupakan sosok populis di Indonesia timur, khususnya di NTB cukup mengakar. Dukungan TGB ke Jokowo ini dianggap pukulan telak bagi partai berlambang bintang mercy tersebut.
“Langkah TGB dukung Jokowi akan automatically akan diikuti oleh umat Islam lain yang selama ini menjadikan TGB sebagai icon politik nasional. TGB ini kharismatik, sederhana, dan bersahaja, pengikutnya banyak,” tukasnya. [ARN]
Sumber: Sindo.

Sumber Berita : https://arrahmahnews.com/2018/07/09/dukungan-tgb-ke-jokowi-pukulan-telak-bagi-demokrat-dan-ahy/

TGB Muhammad Zainul Majdi Berikan Tausiah Usai Salat Subuh di Banjarbaru

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kegiatan Gerakan Salat subuh berjamaah di Masjid Agung Al Munawarah Banjarbaru sekaligus diisi dengan tausiah yang disampaikan ole Tuan Guru Bajang (TGB) Dr H Muhammad Zainul Majdi Lc MA Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (8/7/2018).
Hadir Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan dan Sekdako Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi.
Tampak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru, FKPD Kota Banjarbaru, Kepala SKPD Kota Banjarbaru dan masyarakat sekitar Masjid Agung Al Munawarah mengikuti Gerakan Salat subuh berjamaah yang rutin digelar oleh Pemerintah Kota Banjarbaru.
Tentunnya ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Banjarbaru serta Pengelola Masjid Agung Al Munawarah Banjarbaru.
Pada tausiahnya Tuan Guru Bajang (TGB) menyampaikan agar kita bisa melaksanakan sholat witir minimal satu rakaat karena bagi orang yang melaksanakan shalat witir akan senantiasa merasa kuat dalam menghadapi cobaan di dunia ini dan doanya akan senantiasa di dengar oleh Allah SWT.
Tuan Guru Bajang (TGB) menyampaikan agar selalu berbaik sangka dengan para ulama, hormati ulama dan juga sering-seringlah hadir di majelis ta’lim.
Sebelumnya pada kegiatan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat kota Banjarbaru, Sabtu (7/7/2018) TGB juga hadir dan memberikan tausiah. MTQ hingga 10 Juli
TGB Muhammad Zainul Majdi Berikan Tausiah Usai Salat Subuh di Banjarbaru
Humas Pemko Banjarbaru
Kegiatan Gerakan Salat subuh berjamaah di Masjid Agung Al Munawarah Banjarbaru sekaligus diisi dengan tausiah yang disampaikan ole Tuan Guru Bajang (TGB) Dr H Muhammad Zainul Majdi Lc MA Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (8/7/2018).

Terungkap, Kondisi Hubungan TGB Zainul Majdi dengan Prabowo Usai Mendukung Jokowi di Pilpres 2019

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menyatakan dukungan pada Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
Lalu bagaimana hubungan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi itu dengan Prabowo Subianto?
Dia mengaku menghormati pernyataan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan Politisi PKS, Mardani Ali Sera.
Dilansir TribunWow.com dari Kompas TV, TGB mengaku sangat menghormati komentar Prabowo dan Mardani.
"Beliau tokoh-tokoh yang saya hormati, jadi saya sangat menghargai pandangan tokoh lainnya yang tersampaikan ke saya maupun yang tidak sampai ke saya, semua saya hormati," uja TGB.
Saat ditanya hubungannya dengan Prabowo, TGB mengaku akan tetap bersilaturahmi.
"Kalau bahasanya ditinggalkan teman-teman ya ngggak juga, kalau saya meninggalkan teman-teman ya tidak juga, saya pikir, mereka merespon statement dan cuplikannya saja, pasti nanti ada perjumpaan dan silaturahmi, pandangan boleh berbeda, tapi silaturahmi harus tetap berjalan," ujar TGB.

Dukungan TGB kepada Jokowi
Diberitakan sebelumnya di Kompas TV, TGB telah memutuskan untuk mendukung Jokowi maju dalam PIlpres 2019.
Keputusan tersebut merupakan sikap pribadinya dan tidak mewakili pihak manapun.
TGB menyatakan, apa yang ia sampaikan adalah semata-mata untuk kepentingan dan kemaslahatan warga Nusa Tenggara Barat.
TGB mengaku, keputusan itu ia ambil setelah 4 tahun ia melihat adanya pecah belah umat, terutama pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah.
"Keputusan ini saya ambil setelah empat tahun saya melihat, menilai dan juga pasca pemilukada serentak kemarin terutama. Saya melihat di beberapa daerah, pembelahan itu sudah begitu terasa. Jadi pembelahan antar umat ini luar biasa. Satu mengklaim dialah aspirasi umat dan yang lain bukan umat dan bahkan dengan narasi-narasi dan wacana yang merusak persaudaraan kita," ungkapTGB.
"Jadi pasca Pemilukada saya melihat wacana-wacana dan orasi yang dikembangkan, dan bahkan itu semakin mengkhawatirkan. Mengutip ayat-ayat perang seakan-akan 2019 itu kita akan perang kurusetra antara Pandawa dan Kurawa. Pilihan saya sebagai anak bangsa adalah diam atau bersuara, dan saya memilih untuk bersuara. Ini tidak ada kaitannya dengan jabatan apa-apa," tambahnya.

Tanggapan Prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak melihat dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Zainul Majdi kepada Presiden Joko Widodo untuk maju lagi pada Pilpres 2019 menjadi ancaman bagi pihaknya.
“Begini ya, masa satu orang ancaman. Kita ini berjuang untuk rakyat. Rakyat itu sekian ratus juta kita hormati, semua juga, itu demokrasi. Silakan dukung siapapun, asal aturannya baik,” kata Prabowo di kediamannya di Jakarta Selatan, Sabtu (7/7/2018).
Prabowo menghargai sikap TGB terkait dukungannya kepada Jokowi. Menurut dia, dalam kehidupan demokrasi hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.
“Ya ini demokrasi, siapapun boleh mendukung siapapun, ya boleh dong itu hak beliau,” kata Prabowo.
Prabowo juga menegaskan, dukungan TGB kepada Jokowi tidak mengakibatkan berkurangnya dukungan dari kalangan umat Muslim.
“Itulah demokrasi, umat muslim di Indonesia berapa ya? Kira-kira 170 juta, 1 atau 2 orang its oke lah. Ada TGB, kita ada Amien Rais, Sudrajat, ada Ustaz Sambo nih, coba lihat jenggotnya lumayan tuh,” kata Prabowo.

Tanggapan Mardani Ali
Ketua DPP Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera angkat bicara mengenai pernyataan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang mendukung pemerintahan Joko Widodo berlangsung dua periode.
Menurut Mardani, pernyataan Ketua DPP Partai Demokrat NTB tersebut adalah hal yang wajar.
Ia menilai, dukungan TGB adalah untuk mengamankan sejumlah proyek pembangunan di Nusa Tenggara Barat (NTB).
Seperti Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang saat ini mendapat dukungan penuh dari Jokowi.
"Mengambil lokusnya Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang memang di zaman Pak Jokowi berkembang pesat," ujar Mardani sebagaimana dilansir TribunWow.com dari Kompas TV, Kamis (5/7/2018).
"Beliau khawatir kalau berganti kepemimpinan, nanti yang ini lagi berlari cepat ambruk lagi," imbuhnya.
Mardani pun mengaku akan bersikap seperti TGB jika berada di posisi yang sama.
"Kalau saya di posisi Pak TGB akan mengeluarkan pernyataan yang sama, karena saya cinta dengan NTB," kata Mardani.
Terungkap, Kondisi Hubungan TGB Zainul Majdi dengan Prabowo Usai Mendukung Jokowi di Pilpres 2019
Kolase Tribunwow
Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dan Prabowo Subianto
Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/07/09/terungkap-kondisi-hubungan-tgb-zainul-majdi-dengan-prabowo-usai-mendukung-jokowi-di-pilpres-2019?page=all

TGB Ternyata Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad: Tunggu Habib Rizieq Shihab!

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Dalam beberapa hari terakhir, ramai dibicarakan soal dukungan dari Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019.
Sebelumnya diketahui nama TGB sendiri juga kerap digadang-gadang akan masuk bursa capres.
Salah satu pendukung dari TGB yakni Ustaz Abdul Somad.
Dalam unggahan di Instagram, Ustaz Abdul Somad mengunggah beberapa tangkapan gambar dari beberapa dialog di grup percakapan Whatsapp.
Dalam tangkapan gambar tersebut, terlihat pertanyaan yang berbunyi :"TGB dukung Jokowi 2 periode? Innalillh... Kecewa kita."
Sementara itu, ustaz Abdul Somad hanya membalas pertanyaan tersebut dengan kalimat: Tunggu HRS.
Saat ditanya sejumlah wartawan langsung soal dukungan TGB kepada Jokowi, hal yang sama pun juga diucapkan ustaz Abdul Somad.
"Lihat di Instagram saja," ujarnya seusai menghadiri penutupan pertemuan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa di Grand Cempaka Hotel, Jakarta Pusat, Jumat, (6/7/2018).
Dengan penjagaan ketat dari timnya, Ustaz Abdul Somad juga mengatakan bahwa hal yang sama juga diungkapkan ustaz Arifin Ilham.
"Ustaz Arifin Ilham juga bilang, tunggu Habib Rizieq Shihab," katanya.
TGB Ternyata Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad: Tunggu Habib Rizieq Shihab!
tribunnews.com
Ustaz Abdul Somad saat bersalaman dengan salah satu Dai di acara penutupan pertemhan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa
Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/07/07/tgb-ternyata-dukung-jokowi-ustaz-abdul-somad-tunggu-habib-rizieq-shihab

Dukung Jokowi di Pilpres 2019, TGB Incar Kursi di 2024

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai sikap atau pilihan politik Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada Joko Widodo (Jokowi) adalah sesuatu yang realistis.
Mengingat, TGB sudah dua priode jadi Gubernur di NTB.
"Adalah hal logis jika beliau mulai menaikan pamor untuk bisa duduk sebagai tokoh nasional," ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Minggu (8/7/2018).
Pilpres 2019 ini lah, menurut Ray, salah satu pintu masuknya. Minimal targetnya bisa duduk di kursi kabinet.
Dengan begitu, TGB akan ditasbihkan sebagai salah satu tokoh nasional.
"Yang kemungkinan bisa diperhitungkan pada pilpres 2024 yang akan datang. Mengapa 2024?" jelas Ray Rangkuti.
Sebab, kata dia, merebut posisi Capres atau Cawaprea saat Pilpres 2019, jelas terlalu jauh melompat. Butuh satu tangga lagi. Yakni tangga kabinet untuk dapat jadi figur nasional.

Mengapa harus Jokowi? 
Jawabannya, karena terlihat Jokowi punya kans besar untuk menang dalam pilpres yang akan datang.
Sebagai politisi, menurut dia, TGB tentu akan memilih kandidat yang potensi menangnya besar.
"Itulah mengapa sekarang TGB menyatakan dukungan untuk Jokowi tampil di priode kedua," jelasnya.
Hal ini juga, sejatinya, jadi pelajaran bagi pemilih. Bahwa politik itu tak ada yang hitam putih. Tak perlu membawa seperangkat kesucian agama dalam memetakan politik.
"Pemilih baiknya sadar, elit politik itu basis aktivitasnya adalah pragmatis," ucapnya.
Sebelumnya diberitakan, TGB telah mendeklarasikan bahwa dirinya mendukung Jokowi untuk melanjutkan kembali kepemimpinannya di periode kedua.
Namun niatan TGB mendapatkan pertentangan dari sebagian pihak yang menyebut diri mereka sebagai alumni 212.
Kelompok ini, secara terang-terangan mengakui telah mencoret nama TGB dari bursa Capres yang diusung alumni 212.
Gubernur NTB itu memang sempat masuk bursa Cawapres yang diusulkan oleh alumni 212.
Namanya disandingkan dengan tokoh lainnya seperti Habieb Rizieq dan Yusril Ihza Mahendra.
Dukung Jokowi di Pilpres 2019, TGB Incar Kursi di 2024
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi memberikan sambutansaat acara pembentukan Aliansi Strategis Alumni Universitas Al-Azhar Mesir dan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk 'Bangun Bangsa', di Jakarta, Rabu (21/2/2018). Alumni Al Azhar Mesir bersama Alumni ITB berikrar untuk bekerja bersama bahu membahu membangun kemandirian bangsa dan negara di berbagai bidang sesuai dengan arah cita- cita pendiri bangsa. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sumber Berita : http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/08/dukung-jokowi-di-pilpres-2019-tgb-incar-kursi-di-2024
Pengamat: Dukungan TGB Bisa Naikkan Popularitas Jokowi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  ur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) akan berimbas positif bagi Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.
Hal itu disampaikan Pengamat politik Hendri Satrio kepada Tribunnews.com, Minggu (8/7/2018).
Karena, TGB punya pendukung yang loyal atau setia.
"Juga pemberitaan tentang dukungan TGP akan meningkatkan popularitas pak Jokowi," ujar Hendri Satrio kepada Tribunnews.com.
Apakah dukungan TGB akan berdampak pada kenaikan elektabilitas Jokowi?
Hendri Satrio mengatakan itu belum bisa diketahui.
Namun yang jelas dia menyakini, dukungan TGB ini  akan sangat menguntungkan bagi Jokowi di Pilpres 2019.
Sebelumnya, TGB memberikan sinyal untuk mendukung Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinannya hingga dua periode pemerintahan.
Politikus Demokrat itu mengatakan dukungan kepada Jokowi dilakukan setelah melalui pertimbangan yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat.
Pengamat: Dukungan TGB Bisa Naikkan Popularitas Jokowi
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
TGB Zainul Majdi
Sumber Berita : http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/08/pengamat-dukungan-tgb-bisa-naikkan-popularitas-jokowi

Elite PDIP Yakin Dukungan TGB Pengaruhi Dukungan Masyarakat kepada Jokowi di Pilpres

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pereira meyakini dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) akan berpengaruh kepada dukungan masyarakat Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu Presiden 2019.
Apalagi menurut Ketua DPP PDI Perjuangan itu, TGB adalah pemimpin kharismati yang dikenal di NTB.
"Dukungan TGB tentu akan berpengaruh bagi dukungan masyarakat pada Jokowi," ujar anggota Komisi I DPR RI ini kepada Tribunnews.com, Minggu (8/7/2018).
Paling tidak, imbuh Andrea Pareira, masyarakat NTB akan ikut memberikan dukungan juga pada Jokowi.
"Masyarakat NTB akan ikut memberikan dukungan," jelasnya.
Hal ini senada dengan Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily. Ia menilai dukungan TGB dapat memperkuat pemenangan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Ini karena TGB dianggap dekat dengan umat Islam.
"Dukungan TGB akan semakin memperkuat kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019. Karena kita tahu, Pak TGB memiliki pengaruh yang sangat kuat di NTB lebih khusus," ujar Ace Hasan Syadzily seusai acara diskusi di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2018).
Sebelumnya diberitakan, TGB telah mendeklarasikan bahwa dirinya mendukung Jokowi untuk melanjutkan kembali kepemimpinannya di periode kedua.
Namun niatan TGB mendapatkan pertentangan dari sebagian pihak yang menyebut diri mereka sebagai alumni 212.
Kelompok ini, secara terang-terangan mengakui telah mencoret nama TGB dari bursa Capres yang diusung alumni 212.
Elite PDIP Yakin Dukungan TGB Pengaruhi Dukungan Masyarakat kepada Jokowi di Pilpres
Kompas.com
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi (kanan) berziarah di makam Pahlawan Nasional Maulana Syekh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid di Ponpes NW Pancor, Lombok Timur, NTB, Kamis (23/11).
Sumber Berita :  http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/08/elite-pdip-yakin-dukungan-tgb-pengaruhi-dukungan-masyarakat-kepada-jokowi-di-pilpres

Re-post by MigoBerita / 09072018/18.34Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

1 komentar: