» » » » » 1 Juni Hari Lahir Pancasila Kepala Negara dan Kabinet Kerja berbaju Adat

1 Juni Hari Lahir Pancasila Kepala Negara dan Kabinet Kerja berbaju Adat

Penulis By on Rabu, 31 Mei 2017 | No comments

Jokowi-JK dan Menteri Berpakaian Adat di Hari Lahir Pancasila

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menterinya memperingati Hari Lahir Pancasila dengan upacara bendera. Baju mereka tak seragam.
Kebhinnekaan Indonesia tercermin dari baju yang mereka pakai pada upacara ini, digelar di depan Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).




Jokowi-JK dan Menteri Berpakaian Adat di Hari Lahir Pancasila  
Jokowi dan Jusuf Kalla saat upacara Hari Lahir Pancasila (Foto: Danu Damarjati/detikcom)

Presiden Jokowi memakai baju khas betawi, warna hitam, lengkap dengan kain batik hijau di bagian bawah. Peci hitam dia kenakan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga kompak mengenakan busana adat yang sama. Bedanya, kain batiknya berwarna merah muda.

Jokowi-JK dan Menteri Berpakaian Adat di Hari Lahir Pancasila 
Menkum HAM Yasonna Laoly (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengenakan busana adat Nias, dia dapat dari Nias Selatan. "Ini baju dari Nias selatan, tadi aku bawa pedang tapi nggak bisa masuk," kata Yasonna.

Tjahjo Kumolo mengenakan busana Batak Toba. Dia disumbang baju ini oleh masyarakat Batak di Toba. "Ini saya diberi oleh masyarakat, nyumbang sejuta, di daerah Danau Toba," kata dia.

Jokowi-JK dan Menteri Berpakaian Adat di Hari Lahir Pancasila 
Mendagri Tjahjo Kumolo dengan pakaian adat (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abnur dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga nampak mengenakan busana adat. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengenakan busana adat Madura, lengkap dengan kaos dalam loreng merah dan putih.

Jokowi-JK dan Menteri Berpakaian Adat di Hari Lahir Pancasila 
Menpan RB Asman Abnur (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Tak ketinggalan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang mengenakan busana adat warna emas. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Rini Soemarno mengenakan kebaya.
Anak-anak sekolah juga banyak yang mengenakan pakaian adat, dari Dayak hingga Minang. Mereka berfoto-foto di depan Gedung Pancasila usai upacara. / https://news.detik.com/berita/d-3517367/jokowi-jk-dan-menteri-berpakaian-adat-di-hari-lahir-pancasila

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Kamis/01062017/11.21Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya