» » » » » » Alat Cuci Darah peninggalan Guru Sekumpul Martapura di RSUD Ratu Zalecha hendaklah menjadi Sejarah

Alat Cuci Darah peninggalan Guru Sekumpul Martapura di RSUD Ratu Zalecha hendaklah menjadi Sejarah

Penulis By on Jumat, 20 Oktober 2017 | No comments

Sejarah Hemodialisa RS Ratu Zalecha, Subhanallah! Ternyata Peninggalan Guru Sekumpul

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sejumlah pasien berbaring di ranjang ruang Hemodialisa RSUD Ratu Zalecha Martapura. Di tangan mereka menancap jarum selang darah yang dihubungkan dengan sebuah mesin. Itulah mesin pencuci darah bagi penderita gagal ginjal.
Selama 4,5 jam, mereka menjalani proses cuci darah. Selanjutnya ranjang diisi pasien lain yang juga rutin melakukan cuci darah. Secara keseluruhan ada 16 alat hemodialisa di rumah sakit berakreditasi paripurna tersebut.
Fasilitas ini mendapat perhatian sejumlah ulama Kabupaten Banjar. Dipimpin Guru Muin (89) ulama dari Desa Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur, mereka menyaksikan aktivitas pencucian darah. Pelaksana Tugas Direktur RSUD Ratu Zalecha dr Eko Subiyanto pun menjelaskan cara kerjanya.


Dalam kesempatan itu, Guru Muin menanyakan peralatan hemodialisa yang pernah digunakan oleh KH Zaini Bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul. Namun ternyata mesin pencuci darah milik Guru Sekumpul sudah tak ada lagi di tempat itu. Eko mengatakan mesin itu sudah tidak berfungsi lagi mengingat usia dan adanya perkembangan teknologi mesin hemodialisa.
“Maaf guru, alatnya sudah tidak ada di ruang ini. Tetapi, tempat tidur Guru Sekumpul masih ada,” kata Eko sambil memperlihatkannya.
Guru Muin pun duduk di ranjang itu. Bahkan beberapa ulama berebah di atasnya untuk merasakan apa yang dijalani Guru Sekumpul.
Guru Kaspul mengatakan Guru Sekumpul merupakan pelopor hemodialisa di RSUD Ratu Zalecha. Saat menderita gagal ginjal, Guru Sekumpul membeli dua mesin hemodialisa dan menempatkannya di rumah sakit ini. “Guru membeli dua mesin hemodialisa. Satu untuk beliau dan satu untuk masyarakat,” katanya.
Oleh karena itu Guru Kaspul berharap alat hemodialisa yang memiliki sejarah Guru Sekumpul dijaga dan dipelihara hingga menjadi contoh bagi generasi berikutnya.
Eko akan meminta jajarannya mencari lagi mesin itu untuk dirawat. Eko pun mengakui lahirnya pelayanan hemodialisa di RSUD Ratu Zalecha tidak terlepas dari sosok Guru Sekumpul. Pada 2004, beliau menjalani proses hemodialisa di Surabaya. Oleh karena harus rutin cuci darah dan di RSUD Ratu Zalecha, Guru Sekumpul menempatkan dua mesin di sana.
“Pemikiran Guru Sekumpul saat itu jauh ke depan. Semejak itu, pelayanan hemodialisa di rumah sakit ini berkembang.
Sejarah Hemodialisa RS Ratu Zalecha, Sabhanallah! Ternyata Peninggalan Guru Sekumpul
facebook/cerita para wali
Almarhum KH Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul

Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/10/21/sejarah-hemodialisa-rs-ratu-zalecha-sabhanallah-ternyata-peninggalan-guru-sekumpul

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Sabtu/21102017/10.29Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya