» » » » » Direncanakan perwakilan 32 Provinsi akan hadiri Kongres Sungai 1-4 Nopember di Banjarmasin

Direncanakan perwakilan 32 Provinsi akan hadiri Kongres Sungai 1-4 Nopember di Banjarmasin

Penulis By on Senin, 30 Oktober 2017 | No comments

1.000-an Orang Bakal Hadiri Kongres Sungai III di Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kota Banjarmasin akan menjadi tuan rumah Kongres Sungai Indonesia (KSI) III pada 1 – 4 November 2017. Panitia memprediksi KSI III dihadiri sekitar 1.000-an peserta perwakilan dari 32 provinsi yang terdiri dari komunitas, akademisi, dan pemerintahan.
Ketua KSI III Saiful Adhar mengatakan tengah melakukan persiapan menyambut kedatangan para peserta yang dijadwalkan tiba mulai 31 Oktober besok.
“Ada empat hotel yang sudah kita siapkan. Untuk peserta yang paling banyak itu dari Jawa Tengah ada 97 orang,” ucap Adhar saat konfrensi pers di menara pandang Siring Piere Tendean Kota Banjarmasin, Senin (30/10/2017)


Dia menambahkan, pusat kegiatan KSI III Banjarmasin berfokus di kawasan Siring Sungai Martapura. Berbagai kegiatan akan digelar, mulai diskusi persoalan sungai di Indonesia sampai sidang pleno komisi penetapan hasil musyawarah.
KSI III Banjarmasin akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsari Panjaitan. juga Gubernur dan Walikota dari berbagai daerah.
Sementara itu, Asisiten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdi menjelaskan, pada kegiatan tersebut akan dibentuk lembaga otoritas yang khusus menangani Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito dan Martapura.
“Kita ingin ada perhatian khusus terhadap sungai. Membehas sungai bukan hanya dari satu sopt saja. akan tetapi perlu keterlibatan seluruh wilayah dari hulu ke hilir,” kata Hamdi.
Berdasarkan data yang dia miliki, pencemaran air di Sungai Martapura sudah tergolong sangat memprihatinkan. “Pencemaran air sungai sudah mencapai minus 1.500. Air itu minus 31 saja sudah pencemaran berat. apalagi ditempat kita ini sudah mencapai mines 1500,” katanya.
Hamdi berharap, KSI III Banjarmasin bisa menemukan solusi untuk memecahkan persoalan pencemaran sungai di Indonesia, khususnya di Banjarmasin.
Konferensi pers Kongres Sungai Indonesia III di Siring Menara Pandang Sungai Martapura, Senin (30/10/2017). Redkal.com/ Syahbani
Sumber Berita : https://redkal.com/1-000-orang-bakal-hadiri-kongres-sungai-iii-di-banjarmasin/

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Selasa/31102017/06.41Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya