» » » » » » » » » » Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru akan segera punya Bis Wisata Dinding Terbuka

Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru akan segera punya Bis Wisata Dinding Terbuka

Penulis By on Rabu, 17 Januari 2018 | No comments

Kejar Target Kota Kelima di Indonesia yang Operasikan Bus Wisata

Dishub Rela Bedah Dua Bus Angkutan

PROKAL.CO, Pernah naik Mpok Siti, Bandros, Werkudara, ataukah Macito saat berkunjung ke kota-kota besar di Pulau Jawa? Kalau belum, Anda tak perlu risau untuk bisa menikmati bus wisata unik yang sekarang sedang populer di Kota Jakarta, Bandung, Solo, dan Malang. Sebentar lagi bus dengan bodi terbuka itu akan beroperasi di Banjarbaru.
Ramli Arisno, Banjarbaru
Saat ini bus angkutan milik Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru tersebut sedang “dibedah” di salah satu bengkel rekanan Dishub di Jl Banjarbaru Asri 3. “Sejak dikerjakan awal Januari lalu, kini progress-nya sudah 25 persen. Insya Allah, April nanti bisa launching,” ujar Kadishub Ahmad Yani Makkie.


Banjarbaru akan menjadi kota kelima di Indonesia yang mengoperasikan bus wisata tanpa dinding itu. Seperti bus pendahulunya di empat kota besar di Jawa, bus wisata yang belum memiliki nama ini juga akan melayani wisatawan yang ingin piknik ke destinasi-destinasi wisata unggulan di kota pelajar. Mulai wisata Pendulangan Intan Cempaka, Borneo Park, Danau Seran, Kampung Penjabat, Kampung Pelangi, hingga tempat-tempat bersejarah seperti Gunung Apam, Lapangan Murjani dan Balaikota, Museum Lambung Mangkurat dan lainnya.
Laiknya standar sebuah angkutan wisata, dua unit bus wisata ini masing-masing juga akan dilengkapi seorang pemandu wisata. Pemandu ini yang akan menjelaskan segala sesuatu tentang daerah yang kini menjadi ibukota kedua Provinsi Kalimantan Selatan. Termasuk menjadi guide bagi wisatawan yang ingin menikmati objek-objek wisata di kota ini. “Di sepanjang perjalanan, pemandu wisata ini yang akan menjelaskan tentang seluk-beluk kota kita, sekaligus promosi. Jadi memang akan dicari yang betul-betul paham Banjarbaru, sejarah kota, keunggulan wisatanya, dan lain-lain,” ujar Yani.
Bus wisata Banjarbaru sempat hendak dirancang bertingkat seperti bus serupa yang beroperasi di Jakarta (Mpok Siti), Bandung (Bandros), Solo (Werkudara), dan Malang (Macito), tapi setelah melalui berbagai pertimbangan, rencana itu urung dilakukan. “Bandros saja sekarang sudah tidak lagi mengoperasikan yang tingkat dua, karena sering menabrak ranting pohon dan kabel listrik. Begitu juga terakhir saya dengar dengan Werkudara dan Macito. Kalau Mpok Siti memang masih,” terang Yani panjang lebar.
Untuk dapat menikmati wahana ini, masyarakat setempat maupun wisatawan cukup membeli tiket di loket yang nanti juga akan disiapkan oleh Dishub. “Tarifnya belum ditentukan. Untuk perkenalan, mungkin kami gratiskan dulu untuk melayani sekolah-sekolah yang sebelumnya harus mengajukan permohonan ke kami,” tutupnya. (al/bin)

BEDAH BUS: Angkutan besar (bus) Damri milik Dishub Kota Banjarbaru ini sedang disulap menjadi bus wisata dengan body terbuka di salah satu bengkel di Banjarbaru.
Sumber Berita : http://kalsel.prokal.co/read/news/13276-kejar-target-kota-kelima-di-indonesia-yang-operasikan-bus-wisata.html

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Kamis/18012018/11.15Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya