» » » » » » » Buka Bersama menjadi Ajang Reuni

Buka Bersama menjadi Ajang Reuni

Penulis By on Minggu, 27 Mei 2018 | No comments

Tim migoberita - Banjarmasin - Alhamdulillah, Bulan Ramadhan 1439 H telah datang kembali, penduduk Indonesia khususnya di kota Banjarmasin yang mayoritas Islam menyambutnya dengan suka cita. Salah satu komunitas untuk menyambut suka cita tersebut diantaranya adalah dengan mengadakan Buka Bersama bertajuk Reuni UPW 95 yang digagas Saudari Rina Diana yang bertempat tinggal dikawasan Jalan HKSN Banjarmasin Utara pada hari Minggu tanggal 27 Mei 2018. Mereka adalah mantan personel Rumpun UPW (Usaha Perjalanan Wisata) SMEA Negeri 2 Banjarmasin (sekarang SMK 3 Banjarmasin) lulusan tahun 1995 yang hingga tahun 2018 ini masih eksis dan terus berlanjut silaturahmi yang penuh kekeluargaan.
Dalam kesempatan tersebut Hadir Husain TNI AD personel, Rahmadi, Nafi, Uwie, Yayan, Fajar VIP Loundry, Zie, Husmi, Hasimah, Henny, Fathul Iwan Sasirangan, Ani Garuda, Nurliani Lintas, Jum'ah, Endang, Noorhayati dan Saniah.
Sungguh indahnya kebersamaan dalam persaudaraan yang masih tercipta diantara mereka walau ditengah kesibukan mereka masing-masing masih bisa hadir dalam acara tersebut.
(MFF/KNY/AR/R/Senin/28052018/11.00Wita/Bjm)


oleh

Buka Bersama Sebagai Ajang Reuni

Jakarta, Akuratnews.com – Bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi ummat Islam, banyak moment yang sudah menjadi tradisi pada bulan ramadhan bagi masyarakat Indonesia khususnya, salah satunya buka puasa bersama, orang biasanya selalu menyempatkan diri untuk berbuka puasa bersama, entah dengan keluarga, rekan kerja atau teman semasa sekolah.
Bahkan rata – rata orang yang berpuasa sudah memiliki jadwal buka puasa bersama di bulan ramadhan dengan macam – macam kepentingan, sebagian orang menganggap buka puasa bersama adalah ajang reuni, bersilaturahmi dengan teman – teman lama atau melepaskan sejenak rutinitias individual menjadi alasan klasik mengapa banyak orang ingin berbuka puasa bersama pada bulan ramadhan.
Seperti yang diadakan sebuah komunitas di kawasan Jakarta utara, “sahabat pensil”. Komunitas ini cukup unik karena anggotanya adalah teman – teman sekelas saat duduk dibangku sekolah dasar. Bagi mereka buka puasa bersama adalah ajang reuni yang menjadi keharusan untuk diadakan, bersilaturahmi dengan teman – teman semasa kecil, menjalin keakraban, merencanakan berbagai macam kegiatan dan yang paling penting adalah bernostalgia, mengenang peristiwa – peristiwa manis pada masa silam yang sangat berarti sampai tidak bisa dilupakan.
Sahabat pensil digagas oleh Samsul Fajri, pelaku seni dan juga salah satu orang yang pernah ikut mempopulerkan sebuah program kriminal dengan hastag “Turn Back Crime” disalah satu tv swasta. Ia mengungkapkan perasaannya saat acara buka bersama dengan teman – temannya semasa SD.
“ seru banget, buka puasa itu waktu yang sangat ditunggu, apalagi buka puasa bersama dengan teman – teman saat kecil dulu, pokoknya lupa deh sama aktifitas rutin yang kadang bikin pusing “, begitu ujar mantan atlet pencak silat yang akrab disapa kang Sami ini.
Moment yang identik dengan reuni ini ternyata membawa banyak dampak positif bagi seseorang, dalam reuni orang akan bernostalgia, yaitu mengenang masa lalu yang indah, sejumlah penelitian menyatakan bahwa nostalgia bisa membuat seseorang lebih optimistis terhadap hidupnya, nostalgia juga dapat melawan kondisi mental yang negatif seperti perasaan kesepian, kegagalan, atau kehilangan tujuan hidup.
Kenangan-kenangan indah yang dibahas saat reuni bisa membuat seseorang menyadari bahwa dirinya berarti bagi orang lain.
Interaksi yang terjadi saat reuni pada momen makan bersama dapat pula mengurangi risiko seseorang terjangkit penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan, pada fase awal, seseorang yang terkena penyakit Alzheimer biasanya akan terlihat mudah lupa, seperti lupa nama benda atau tempat, lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, dan lupa mengenai isi percakapan yang belum lama dibicarakan bersama orang lain.
Nah melihat banyaknya dampak positif yang bisa didapatkan dari acara reuni, tak heran jika banyak orang mengejar momen buka puasa bersama teman – teman sekolah untuk dijadikan ajang reuni. (Lng)

Sumber Berita : https://akuratnews.com/buka-bersama-sebagai-ajang-reuni/

Buka Puasa Bareng, Reuni Sekaligus Silaturahim

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Sabtu 12 Juli 2014 15:09 WIB

JAKARTA - Kegiatan buka puasa bersama biasanya kita lakukan dengan teman-teman. Entah itu di kampus, kantor atau lingkungan rumah.
Tetapi, kegiatan buka puasa bersama alias bukber ini enggak melulu harus dilakukan bareng teman yang mudah ditemui. Misalnya, mahasiswa dengan teman sekampus. Kita bisa juga bukber dengan teman-teman lama atau teman sekolah dulu, anggap saja sekalian silaturahmi.
Inilah yang dilakukan mahasiswa Universitas Sains Al-Qur'an (Unsiq) Wonosobo, Feri Wibowo. Biasanya dia bukber dengan teman-teman SMP yang sudah lama tidak bertemu.
"Kalau tempatnya sih menyesuaikan kantong yang enak untuk nongkrong bareng," ujar Feri saat dihubungi Okezone, Sabtu (12/7/2014).
Nah ketika menunggu waktu berbuka puasa, mahasiswa jurusan Ekonomi Manajemen itu melanjutkan, mereka mengobrol ngalor ngidul. Biasanya, mereka bertukar kabar tentang kuliah atau pekerjaaan. Tentu saja, acara buker ini juga dilengkapi foto bareng untuk kenang-kenangan.
"Kalau sudah selesai bukber, kami lanjut nongkrong di alun-alun kota atau di rumah teman," ucap mahasiswa semester tujuh itu.
Sementara itu, mahasiswi Universitas Mercu Buana, Wawa Suharto kerap kali memilih mal sebagai tempat bukber dengan teman-teman. Sebab, setelah buka puasa, mereka bisa terus nongkrong di sana.
"Tapi kalau acaranya memang hanya bukber sih kami milih di kafe atau rumah makan," tuturnya.
Mahasiswi jurusan Akuntansi angkatan 2010 itu melanjutkan, jika tidak ada bukber, dia menunggu waktu berbuka puasa dengan main game, baca novel atau nonton televisi di rumah.
"Sudah jadi tradisi keluargaku buka puasa dengan kurma dan gorengan. Pasti selalu sedia dua makanan itu," ungkapnya.
Sedangkan menurut mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), Arwanda Kusuma, biasanya dia bukber dengan teman di kantor. Pasalnya, kata cowok yang berprofesi sebagai polisi itu, Polri masih siaga satu menyikapi Pilpres.
"Kalau untuk tradisi keluarga, sholat berjamaah bareng, buka puasa bersama di rumah atau di luar dengan menu yang bervariasi," katanya.
(rfa)
https: img-o.okeinfo.net content 2014 07 12 373 1011952 7YzCV07aqR.jpg Kegiatan buka puasa bersama biasanya kita lakukan dengan teman-teman. Ini pun menjadi ajang reuni sekaligus silaturahim. (Foto: Rifa Nadia/Okezone)
Sumber Berita : https://news.okezone.com/read/2014/07/12/373/1011952/buka-puasa-bareng-reuni-sekaligus-silaturahim

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Senin/28052018/11.05Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya