» » » » » Penjara Koruptor "diperjual-belikan" ??!!?? (VIDEO)

Penjara Koruptor "diperjual-belikan" ??!!?? (VIDEO)

Penulis By on Kamis, 26 Juli 2018 | No comments

Pura-Pura Penjara: Sel Mewah Luthfi Hasan Ishaaq (mantan Presiden partai PKS) di Lapas Sukamiskin

Setelah peristiwa tangkap tangan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein oleh KPK, Mata Najwa mengikuti sidak bersama Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh di Lapas Sukamiskin, Bandung, Minggu 22 Juli 2018. Di awal sidak, Mata Najwa memasuki tiga kamar narapidana kasus korupsi yakni, mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan adik mantan Gubernur Banten Atut Chosiyah dan Mantan Ketua MK, Akil Mochtar. Kamar sel milik Luthfi Hasan Ishaaq sangat mewah untuk ukuran penjara.


Di dalamnya terdapat toilet duduk, alat olahraga sepeda statis, microwave, dan dispenser. Selain itu, Luthfi juga memiliki ruang kerja beserta peralatan kantor yang lengkap. Tak jauh dari kamar Luthfi, terdapat kamar Wawan yang selnya sempat disegel KPK. Saat itu, Wawan diketahui tidak berada di dalam kamar selnya.


(Narasi) TONTON part lainnya dari Mata Najwa episode "Pura-Pura Penjara" :
PART 2 : https://youtu.be/gTnQ-uUqQt8
PART 3 : https://youtu.be/2-0Cb_yP3nw
PART 4 : https://youtu.be/s0NpU_NHTgc
PART 5 : https://youtu.be/SxQmJ7pDaVw
PART 6 : https://youtu.be/dW93uMlyqw0
PART 7 : https://youtu.be/N6LkxwqpONE

Pura-Pura Penjara: Kamar Palsu Milik Setnov di Lapas Sukamiskin

Najwa Shihab kembali melanjutkan sidak dengan mengunjungi kamar sel Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov). Setnov divonis hukuman penjara selama 15 tahun. Setnov mengatakan sejak awal datang ke Lapas Sukamiskin, dirinya langsung menggunakan kamar ini. Terkait penangkapan Kalapas Sukamiskin karena jual beli fasilitas mewah, Setnov mengaku kaget mendengarnya. Mata Najwa mendapat informasi dari orang dalam Sukamiskin, bahwa sel Setya Novanto yang dikunjungi saat sidak bukan sel asli yang selama ini ditempati. Najwa mengonfirmasi kejanggalan-kejanggalan itu ke Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. "Saya sudah perintahkan untuk mengecek kembali sel Setya Novanto." kata Yasonna Laoly. (Narasi)

Pura-Pura Penjara: Sofa Mewah hingga Amplop Berisi Uang Milik M. Sanusi

Sidak Kemenkumham bersama Mata Najwa menemukan uang cash lebih dari 100 juta rupiah. Saat melakukan sidak, tim Kemenkumham menyita uang cash dari beberapa kamar sel napi tipikor. Temuan tersebut semakin menguatkan besarnya perputaran uang suap di dalam lapas. Salah satu uang yang disita berasal dari kamar narapidana kasus korupsi Raperda Reklamasi Pantai Jakarta, M Sanusi. Mata Najwa menyorot sidak di kamar M. Sanusi, mantan anggota DPRD Jakarta dari Partai Gerindra tersebut. Terkait uang dengan nominal besar di kamar, Sanusi berdalih itu uang Zakat, Infaq dan Shodaqoh. “Saya ketua baitul maal. Biasanya kita bagikan buat orang yang sakit enggak punya biaya,” kilahnya. Selain uang, ditemukan sofa mewah di dalamnya. (Narasi)

Pura-Pura Penjara: Ragam Gadget di Sel Mewah OC Kaligis

Barang-barang elektronik menjadi fasilitas favorit para narapidana korupsi. Najwa Shihab mendatangi kamar sel pengacara senior, OC Kaligis. OC Kaligis menjadi terpidana setelah menyuap hakim PTUN Medan. Kamar sel mantan petinggi Partai Nasdem itu seperti layaknya kamar di rumah, terdapat tv layar datar, sound system, printer dan komputer jinjing. Saat petugas menyita barang-barang tersebut, OC Kaligis sempat bersitegang dengan petugas. “Sejak masuk sel, TV sudah ada di sel kamar saya. Saya ini pengarang buku, kalau Anda ambil laptop itu saya mati. Sejak di sel Guntur saya sudah bawa laptop. Pengadilan sudah tahu,” kata OC Kaligis. (Narasi)

Pura-Pura Penjara: Koruptor Kakap Penghuni Lapas Sukamiskin

Najwa Shihab menelusuri sel napi-napi tipikor yang lain. Najwa bertemu Djoko Susilo, mantan Kakorlantas Polri yang divonis 18 tahun penjara karena korupsi pengadaan Simulator SIM. Selain Djoko, Mata Najwa juga mengunjungi kamar sel Mantan Menteri ESDM Jero Wacik, Mantan Menag Suryadharma Ali, dan Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. “Kamar saya segini saja, tidak mewah lah.Ya dibuat enak saja, barang saya simpel tidak banyak-banyak, dibuat enak saja. Berantakan tapi cuma segini memang, cuma 2x3, tidak bisa apa-apa,” kata Jero Wacik di dalam sel tahanannya. (Narasi)

Pura-Pura Penjara: Lapas Napi Umum vs Napi Koruptor

Sejak menjadi lapas khusus napi Tipikor, Lapas Sukamiskin dianggap sebagai tempat nyaman bagi koruptor. Hal tersebut terungkap dari operasi tangkap tangan Kalapas Sukamiskin oleh KPK terkait jual beli kamar mewah di lapas tersebut. Persoalannya, fasilitas mewah dan izin keluar masuk bagi napi bukan hal baru di Sukamiskin. Tuan Rumah Mata Najwa membandingkan kondisi napi umum di Lapas Sukamiskin dengan napi Tipikor di lapas yang sama. Kondisi kamar sel napi umum sangat memprihatinkan. Terkait dengan itu, Menteri Yasonna mengatakan pihaknya berupaya memperbaiki dan menegakkan aturan lapas. “Harus ada perumusan standar aturan paling minimal,” kata Yasonna. (Narasi)

Pura-Pura Penjara: Penjara Tak Bikin Jera

Lapas Sukamiskin bisa dikatakan paling baik dari lapas-lapas lainnya di Indonesia. Sebab, di lapas buatan Belanda ini, satu narapidana mendapat satu kamar sel. Saat ini, jumlah narapidana yang menghuni Lapas Sukamiskin mencapai 444 orang, sementara kapasitas lapasnya mencapai 552 orang. Sedangkan lapas-lapas lain di Indonesia sudah jauh melebihi kapasitasnya. Mantan napi Lapas Sukamiskin, Rio Patrice mendorong pemerintah untuk memikirkan hak-hak napi yang lain. Baginya, pemerintah jangan lepas tangan atau beralasan tidak ada anggaran untuk memperbaiki kondisi lapas. Sementara peneliti ICW, Tama S Langkun, mengatakan pemerintah harus menjamin asas keadilan bagi penghuni lapas. “Bagi koruptor proses pembinaannya tidak berjalan dengan baik. Tertangkap korupsi, dipenjara malah menyuap,” katanya. (Narasi)
 Sumber Video : Mata Najwa (Najwa Shihab)

Re-Post by MigoBerita / Jum'at/27072018/09.12Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya