» » » » » » » » Gerak Cepat Sang Presiden hadapi "Musibah" Donggala dan Palu

Gerak Cepat Sang Presiden hadapi "Musibah" Donggala dan Palu

Penulis By on Jumat, 28 September 2018 | No comments

Ini Isi Instagram Pak Presiden Republik Indonesia :
Sesaat setelah mendapat kabar terjadinya gempa bumi di Donggala, Kota Palu, dan sekitarnya, kemarin sore, saya menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah melalui telepon. Tapi gagal. Sambungan komunikasi ke Palu terganggu. Informasi saya terima dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, meskipun belum semuanya.
 
Saya sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan jajarannya, BNPB, dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini: melakukan pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan, selekas mungkin.
Sejak semalam, mereka sudah menuju lokasi terdampak gempa dan tsunami. Semoga hari ini kita sudah mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai kondisi di lapangan.
Saya dan kita semua, ikut berduka cita atas jatuhnya korban setelah terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah ini. Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada.
Kita berdoa kepada Allah SWT, agar musibah ini dapat kita lalui dan dampaknya kita selesaikan bersama.

Sumber : https://www.instagram.com/p/BoSqq0aB9x4/?hl=en&taken-by=jokowi

Reaksi Presiden Jokowi Soal Gempa Bumi di Donggala Sulteng, BMKG : 22 Kali Gempa Susulan

BANJARMASINPOST.CO.ID - Rentetetan gempa bumi yang melanda sejumlah daerah di Sulteng langsung mendapat reaksi dari pemerintah.
Tak hanya gempa bumi di Donggala bermagnitudo 7,4 sejumlah gempa lain juga terjadi.
Presiden Joko Widodo bahkan langsung memantau dan mengumpulkan informasi mengenai kondisi terkini di daerah terdampak gempa.
"Menjelang maghrib tadi, gempa bumi mengguncang wilayah Sulawesi Tengah dan sekitarnya," tulis Presiden dalam cuitannya, Jumat (28/9/2019).
Presiden mengatakan dirinya akan menyiagakan seluruh jajaran terkait untuk segera menindaklanjuti informasi dan kondisi terkini di lapangan.
"Saya memantau dan menyiagakan seluruh jajaran pemerintah terkait menghadapi segala kemungkinan pascagempa bumi," tulisnya lebih lanjut.
Kepala Negara juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan keselamatan saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah.
"Semoga saudara-saudara kita di sana tetap tenang dan dalam keadaan selamat," katanya.
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 22 kali gempa bumi susulan di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) hingga pukul 20.00 WIB.
Hal itu disampaikan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, saat melakukan video conference, Jumat (28/9/2018).
"Dengan magnitudo terbesar 6,3 dan terkecil 2,9," ujar Dwikorita Karnawati.
Hingga kini, kata dia, BMKG masih terus memantau terkait gempa-gempa susulan di Donggala.
Sebagaimana diketahui, telah terjadi gempabumi tektonik berkekuatan 7,7 SR, pada Jumat (28/9/2018), pukul 17.02.44 WIB.
Adapun lokasinya 0,18 LS dan 119,85BT, dengan kedalaman 10 kilometer.
Tidak lama kemudian parameter yang telah diupdate menunjukkan kekuatan gempabumi sebesar 7,4 SR di lokasi 0,20 LS dan 119,89 BT dengan kedalaman 11 kilometer.
Gempabumi berpusat di 26 km Utara Donggala, Sulawesi Tengah.
Reaksi Presiden Jokowi Soal Gempa Bumi di Donggala Sulteng, BMKG : 22 Kali Gempa Susulan
kompas.com
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas membahas masalah penyelundupan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (25/1/2017).
Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/09/29/reaksi-presiden-jokowi-soal-gempa-bumi-di-donggala-sulteng-bmkg-22-kali-gempa-susulan?page=all

Re-Post by MigoBerita / Sabtu/29092018/11.57Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya