» » » » » Program "Luntang Lantung" atau ulun datang langsung tuntung Disdukcapil Kota Banjarmasin

Program "Luntang Lantung" atau ulun datang langsung tuntung Disdukcapil Kota Banjarmasin

Penulis By on Selasa, 18 April 2017 | No comments

Inilah suasana layanan di Dinas Catatan Sipil Kota Banjarmasin yang sekarang terus memblukdak setelah diberlakukan inovasi luntang lantung, Senin (17/4).
Inilah suasana layanan di Dinas Catatan Sipil Kota Banjarmasin yang sekarang terus memblukdak setelah diberlakukan inovasi luntang lantung, Senin (17/4).

Disdukcapil Berlakukan Layanan 3 Menit Tuntung

BANJARMASIN, KP – Upaya menjabarkan visi misi Walikota Ibnu Sina dan Wakilnya Hermansyah memberikan pelayanan cost murah dan memperpendek jaringan pelayanan terus dilakukan. Bahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin yang telah meraih predikat nomor 6 pelayanan terbaik di Indonesia terus meluncurkan inovasi.
Kini sudah 20 hari lebih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin yang dikomandoi Drs H Khairul Saleh memberlakukan inovasi layanan 3 menit selesai dengan sebutan nama Luntang Lantung.
“Luntang lantung ini istilah artinya sampeyan datang 3 atau 5 menit tuntung,’’ demikian Kepala Dinas Disdukcapil Kota Banjarmasin Drs H Khairul Saleh kepada wartawan, di Banjarmasin, Senin (17/4).
Bahkan di tengah memberlakukan inovasi terbaru dalam pelayanan administrasi kependudukan bukan saja disambut baik masyarakat, sekarang ini setiap pagi puluhan masyarakat menunggu layanan tersebut.
Namanya inovasi luntang lantung atau ulun datang langsung tuntung yang mana pelayanan luntang lantung ini paling cepat 3 menit hingga 5 menit pelayanan selesai.
Inovasi inipun yang sudah berjalan 20 hari sejak tanggal 3 April yang lalu di Kelurahan Sungai Andai dan pelayanan yang diberikan terkait dengan catatan kependudukan.
Pelayanan luntang lantung ini yakni pembuatan akte kelahiran, akte kematian, akte nikah dan akte cerai, perubahan kartu keluarga seperti penambahan anak, perbaikan KK, atau cetak ulang KK, papar mantan Camat Banjarmasin Barat ini.
Bahkan, ujar mantan Kepala Bagian Tata Pemerintah Kota Banjarmasin mengungkapkan, dalam pelayanan luntang lantung yang diutamakan yang masuk berkas mulai dari pukul 08.00–11.00 WITA.
Berkas juga harus lengkap, termasuk tanda tangan lurah sehingga pelayanan luntang lantung ini tidak harus menunggu kelengkapan berkas lagi.
Malah, katanya, sekarang ini dalam memperpendek jaringan pelayanan dan mendekatkan ke masyarakat seperti layanan luntang lantung dimanfaatkan warga Sungai Andai rata-rata yang diselesaikan 70 berkas hari, papar Khairul.
Selain itu, bagi pemohon akte kelahiran tetap mengikutsertakan dua orang saksi berkas juga KTP saksinya.
“Jika sudah lengkap semua maka dalam waktu 3 menit berkas yang diurus sudah bisa diambil hari itu juga, hitunganya hanya 3 menit–5 menit selesai,’’ katanya.
Ia juga menegaskan, bahwa pelayanan luntang lantung ini hanya menerima berkas lengkap dengan batas waktu berkas masuk hingga pukul 11.00 WITA.
Diluar dari ketentuan jam tersebut, otomatis berkas akan dimasukkan dalam kategori pelayanan one day service atau pelayanan regular.
Mengenai pelayanan one day service dimana berkas masuk mulai pukul 11.00–12.00 WITA atau pelayanan regular yang masuk diatas pukul 12.00 WITA.
“Kalau pelayanan one day service bisa diambil hari itu pukul 15.00 WITA tapi kalau pelayanan regular bisa sesuai hari kerja misalnya pengurusan KK selama 14 hari kerja atau sesuai standar SOP nya,’’ demikian Kepala Dinas Disdukcapil Kota Banjarmasin yang dikomandoi Drs H Khairul Saleh. (vin/K-5) / http://www.kalimantanpost.com/disdukcapil-berlakukan-layanan-3-menit-tuntung/

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Selasa/18042017/17.57Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya