Bikin Mahal Tiket Kapal Laut, siap-siap ditangkap Polisi

Penulis By on Rabu, 21 Juni 2017 | No comments

Pemudik Keluhkan Tiket Kapal Laut Ditangan Calo Rp750 Ribu

BANJARMASIN, KP – Tradisi mudik lebaran Idul Fitri tahun 2017 ini tidak hanya tiket pesawat yang melambung tinggi namun tiket angkutan kapal laut melambung hingga Rp750 ribu ditangan calo.
Dari pantauan wartawan dilapangan diarea Pelabuhan Trisakti Banjarmasin umumnya para pemudik mengeluhkan sulitnya mendapatkan tiket kapal untuk tujuan Kota Surabaya sekalipun ada diagen resmi harga normal Rp370 ribu namun berangkatnya menunggu 3 hari sedangkan ketika membeli dengan para calo bisa langsung berangkat satu hari namun harga tiketnya melambung menjadi Rp700 ribu sampai Rp750 ribu.
Agung pekerja asal Sebamban kepada wartawan menjelaskan, ia sudah bersama keluarga disini selama 3 hari karena ketika membeli tiket diagen resmi menunggu berangkatnya menunggu 3 hari.
“Ada lagi teman saya yang sudah hampir seminggu disini belum bisa berangkat karena belum dapat tiket kapal laut,’’bebernya.


Kalau hari ini sekitar sore ada kapal milik DLU yang akan berangkat namun tiketnya sudah habis kalau mau berangkat hari ini juga bisa saja namun harga ticketnya sudah berada ditangan calo.
“Mana mampu orang kecil seperti kami ini beli tiket semahal itu makanya kami memilih angkutan kapal laut untuk moda transfortasi mudik karena tiketnya lebih murah dari pesawat udara,’’tambah Agung.
Sementara calon penumpang lainnya, Kacong mengharapkan petugas pos mudik terpadu untuk mengambil langkah jangan hanyajangan tutup mata ada praktek calo yang menjual tiket hingga Rp750 ribu tangkap.
Dia menilai mudik tahun ini kurang nyaman pasal untuk mendapatkan tiket, sudah didahului para calo, dengan harga selangit.
Timbul pertanyaan  masa penjual tiket tidak tahu kalau yang membeli bolak balik orangnya itu itu saja.
Terpisah, Kapolresta Banjarmasin, Anjar W yang sedang melakukan sidak di Pelabuhan Trisakti, Rabu (21/6) ketika dikonfirmasi adanya praktek percaloan tiket kapal dikawasan Terminat Penumpang mengatakan akan menindak tegas siapa yang menjual ticket mahal diarea pelabuhan.
“ Saya perintahkan tangkap dan amankan bagi mereka yang menjual tiket hingga Rp750 ribu,” tegasnya.
“Kami juga menghimbau kepada para penumpang mudik utuk membeli tiket diagen resmi jangan lewat calo dan jangan berangkat kepelabuhan Trisakti bagi mereka yang belum memiliki tiket resmi,’’saran Kapolres.
Ditambahkan KSOP Kelas I Banjarmasin, Capt Takwin Suku, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin  telah mekukan antipasi membeludaknnya para pemudik lebaran ke Pulau Jawa lebaran Idul Fitri tahun 2017 dengan menyiapkan sebanyak 8 armada kapal roro.
“ Saya frediksi tahun ini lonjakan arus mudik Idul Fitri 2017 naik hingga 5 persen lebih atau diatas 10 ribu lebih penumpang mudik,untuk itu dari sekarang pihaknya sudah melakukan gelar dan rapat kordinasi dengan pihak terkait seperti DLU, PELNI dan pihak operator swasta yang  memiliki armada kapal roro,” jelasnya.
“Alhamdulillah rata-rata mereka sudah menyatakan kesiapannya menyiapkan armada kapal tambahan baru seperti DLU menyiapkan tambahan 2 kapal milikinya dari dua kapal yang ada bila terjadi lonjakan seperti pihak PELNI siap dengan 1 kapalnya,’’terangnya.

KELUHKAN TIKET MAHAL - Dalam kunjungan sidaknya Kapolresta Banjarmasin kemaren siang sejumlah penumpang kepada wartawan mengaku sulitanya mencari tiket kapal laut sekalipun ada ditangan calo dijual Rp750 ribu. Calon menumpang yang menunggu keberangkatan mengelar tikar di ruang terminal. (KP/Hifni)
KELUHKAN TIKET MAHAL – Dalam kunjungan sidaknya Kapolresta Banjarmasin kemaren siang sejumlah penumpang kepada wartawan mengaku sulitanya mencari tiket kapal laut sekalipun ada ditangan calo dijual Rp750 ribu. Calon menumpang yang menunggu keberangkatan mengelar tikar di ruang terminal. (KP/Hifni)

“ Saya juga  melarang penjual tiket selama di terminal pelabuhan maupun diatas kapal, bagi penumpang gelap atau tanpa tiket, ia mwemrugikan dieri swendiri, karena tidak tercantum dalam manifes” sebutnya.
Seperti malam tadi bisa menjadi puncak arus mudik ada sekitar 1291 penumpang dengan menggunakan armada milik Dharma Lautan Utama dan tahun ini kembali  akan kedatangan Staf Ahli Kementrian Perhubungan yang akan melakukan aksi pemantauan langsung arus mudik lebaran.
Sedangkan kondisi gelombang di Laut Jawa dalam sepekan ini sangat bersahabat seperti gelombang Laut Jawa bagian Timur 0,3 hingga 2 meteran  diharapkan dekat lebaran nanti mulai H-5 hingga H-1 gelombang bisa terus bersahabat sehingga sangat aman untuk dilayari.
Sumber Berita : http://www.kalimantanpost.com/pemudik-keluhkan-tiket-kapal-laut-ditangan-calo-rp750-ribu/

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Kamis/22062017/10.43Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya