» » » » » » Mau bikin GRATIS Kartu Indentitas Anak (KIA) segera ke Expo 2017 di Tugu Nol KM Banjarmasin, syaratnya ini

Mau bikin GRATIS Kartu Indentitas Anak (KIA) segera ke Expo 2017 di Tugu Nol KM Banjarmasin, syaratnya ini

Penulis By on Sabtu, 30 September 2017 | No comments

Layanan KIA di Banjarmasin Sediakan 20 Ribu Blangko

BANJARMASIN – Menyusul kegiatan pelayanan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) yang masih belum banyak dimengerti masyarakat, kini juga memanfaatkan kesempatan dengan membuka pelayanan di Expo 2017 di Tugu Nol KM Banjarmasin.
Layanan yang diberikan secara gratis oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekaligus melakukan promosi dan sosialiasi, untuk itu sengaja membuka layanan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) di stand pameran Banjarmasin Expo 2017, di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel Jalan Sudirman Banjarmasin.


“Pelayanan tersebut sebagai sosialisasi sekaligus juga sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan,’’ ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin Drs H Khairul Saleh kepada wartawan, di Banjarmasin, belum lama ini.
Pelayanan yang dibuka di pameran tersebut mengambil tempat dekat tenda utama pameran dengan menggunakan mobil keliling Disdukcapil.
Masyarakat akan mendapatkan pelayanan berupa KIA, dan layanan kependudukan lainnya di tenda terpisah.
“Tapi khusus untuk KIA, bisa langsung selesai, asalkan syarat administrasi yang dibawa lengkap,’’ katanya.
Khusus dalam hal ini, pelayanan KIA dimulai dari umur anak 1-5 tahun tanpa foto, dan anak umur 6-17 tahun dengan foto sehingga harus membawa pasfoto. Syarat yang dibawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) serta fotokopi akta kelahiran anak.
Pada tahap awal, pihaknya menyiapkan sekitar 20 ribu blangko KIA dan pengurusannya hanya di kantor Capil di Jalan Sultam Adam Banjarmasin.
Namun di pameran hanya selama seminggu atau mulai tanggal 27 September hingga 1 Oktober 2017.
“Memang pengurusan KIA juga gratis atau tak dipungut biaya dan bagi yang ingin anaknya memiliki KIA bisa langsung datang ke kantor Capil, sebab sementara ini belum ke kecamatan,’’ jelas Khairul.
Khairil juga menambahkan, “KIA ini merupakan kartu identitas anak dengan tujuan untuk mempermudah anak dalam berurusan, misalnya untuk masuk sekolah atau keperluan lainnya yang memerlukan identitas kependudukan, dan KIA ini fungsinya seperti KTP yang merupakan kartu identitas bagi orang dewasa,’’ jelasnya.
Sementara, salah satu ibu rumah tangga Fatimah sengaja membuat KIA untuk dua buah hatinya.
“Keperluannya akan lebih mudah dibawa-bawa, misalnya untuk sekolah. Yang mudah lagi kalau pulang kampung ke Jawa kan cukup bawa KIA ini, tak perlu lagi bawa akta kelahiran,’’ kata Khairul Saleh.
Inilah mobil layanan yang disajikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk membantu masyarakat sekaligus melakukan promosi dan sosialisasikan program KIA, sehingga warga dengan mudah mendapatkan diantaranya melalui mobil keliling, dan tampak kegiatan yang hadir pelayanan di Expo 2017 di Tugu Nol KM Banjarmasin, 26 September -1 Oktober 2017.
Sumber Berita : http://www.kalimantanpost.com/layanan-kia-di-banjarmasin-sediakan-20-ribu-blangko/

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Sabtu/30092017/17.27Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya