» » » » » » » » » » Ardani, bocah 18 tahun "Bos Kuda" dari Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut

Ardani, bocah 18 tahun "Bos Kuda" dari Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut

Penulis By on Sabtu, 14 Oktober 2017 | No comments

Statusnya Baru ABG, Tapi Pria Ini Sudah Menjadi Bos Kuda di Batakan, Ini Rahasianya

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Ardani (18) terbilang berusia muda untuk melakoni usaha sebagai peternak kuda di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut.
Kini dia disebut bos oleh para sais kereta kuda. Itu karena kudanya disewa para bocah itu membawa pengunjung pantai Batakan berkeliling.
Awalnya hanya punya seekor kuda yang dibelikan ayahnya dari Pulau Masalembu, Jawa Timur. Kini jumlah kudanya mencapai belasan ekor.


Enam ekor kudanya mampu menarik kereta kuda melayani pengunjung pantai Batakan berkeliling. Dua melayani pengunjung yang ingin berkuda sendirian.
"Selebihnya saya pelihara di kandang. Sebab dua kuda betina baru melahirkan anak," katanya, Sabtu (14/10/2017).
Ardani mengaku sebelum berangkat ke sekolah di SMA swasta di Kecamatan Panyipatan, dirinya berangkat ke kandang kuda untuk memberi pakan.
"Saya sejak sekolah dasar bangun tepat waktu pukul lima pagi. Saya beri makan kuda-kuda saya, setelah baru belajar di sekolah," katanya.
Ardani mengaku kudanya hamil secara alami dan hamil karena disuntik insiminasi petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Tanahlaut.
Selama memelihara kuda, diakui Ardani tidak sedikit pedagang sapi dari Pulau Jawa datang menawar kudanya untuk dijual di Pulau Jawa.
"Saya tidak mau melepas. Masih sayang. Apalagi kandang orangtua saya juga memelihara ternak sapi," katanya.
Ardani mengaku tidak susah memberikan makan hewan kudanya. Cukup rumput lemah dan dedak. Satu ember dedak bercampur air cukup untuk belasan kudanya.
"Selebihnya kuda memakan rumput kecil di padang gembalan. Tidak susah," katanya.
Di Desa Batakan, sepengetahuan Ardani ada sekitar 30 ekor lebih kuda yang dipelihara warga untuk melayani jasa kereta kuda di pesisir pantai Batakan.
Statusnya Baru ABG, Tapi Pria Ini Sudah Menjadi Bos Kuda di Batakan, Ini Rahasianya
mukhtar wahid
Bocah ini mencoba mendekati seekor kuda betina di kandang ternak kuda milik Ardani, di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Sabtu (14/10/2017).Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/10/14/statusnya-baru-abg-tapi-pria-ini-sudah-menjadi-bos-kuda-di-batakan-ini-rahasianya

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Minggu/15102017/07.26Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya