» » » » » Operasi Zebra Intan 2018 : 30 Oktober s/d 12 November 2018

Operasi Zebra Intan 2018 : 30 Oktober s/d 12 November 2018

Penulis By on Rabu, 31 Oktober 2018 | No comments

Image result for Operasi Zebra Intan 2018

Kapolda Kalsel Buka Gelar Operasi Zebra Intan 2018

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jajaran Direktorat Lalulintas Polda Kalsel melaksanakan apel pasukan Operasi Zebra Intan 2018, di halaman Mapolresta Banjarmasin, Selasa (30/10/2018) pagi.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Panani.
Hadir juga Gubernur Kalsel H Sahbirin Nor, Danrem 101/Antasari, Komandan Lanal Banjarmasin, Dandim Banjarmasin serta Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto.
Anggota yang dilibatkan dalam kegiatan Operasi Zebra Intan sekitar 511 orang dengan rincian, tingkat Polda Kalsel 79 orang dan tingkat kewilayahan 432 orang.
Kapolda Kalsel Irjen Yazid Panani antara lain mengatakan, target operasi seperti pengendara atau pengemudi mobil yang menggunakan handphone.
Kemudianpengemudi/penumpang mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara roda empat dan dua yang dalam keadaan mabuk alkohol serta pengendara motor di bawah umur.
Kapolda Kalsel Buka Gelar Operasi Zebra Intan 2018
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kapolda Kalsel Buka Gelar Operasi Zebra Intan 2018
Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/10/30/kapolda-kalsel-buka-gelar-operasi-zebra-intan-2018

Usai di Lingkar Selatan, Kini Giliran Kayutangi Dirazia Petugas Gabungan

MEMANFAATKAN dua pekan operasi Zebra Intan 2018, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin pun menggelar razia di beberapa ruas jalan. Terutama, daerah perbatasan Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).
JIKA sebelumnya pada Selasa (30/10/2018), puluhan angkutan umum dan mobil pribadi dihentikan petugas Dishub Banjarmasin di Jalan Gubernur Subarjo, Lingkar Selatan, kini giliran Jalan Brigjen H Hasan Basry Banjarmasin, ditempatkan puluhan petugas gabungan.
Petugas Dishub Banjarmasin bersama Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin memeriksa satu per satu angkutan umum dan mobil pribadi.
Para sopir pun dihentikan di tepi Jalan Brigjen H Hasan Basry, baik dari arah dalam kota maupun menuju luar kota arah Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola.
Razia gabungan ini menjadi bagian dari operasi Zebra Intan 2018. Para pengendara pun harus menyerahkan bukti surat menyurat kelengkapan kendaraan yang diperiksa petugas. Ketika dokumen tak lengkap, para pengendara pun langsung diarahkan ke meja kepengurusan yang disiapkan Dishub Banjarmasin dan Satlantas Polresta Banjarmasin.
Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dishub Banjarmasin, M Yunus mengungkapkan dalam razia di kawasan Lingkar Selatan didapat 20 buah kendaraan yang tak dilengkapi surat menyurat serta tidak memenuhi laik jalan.
“Dalam razia di Kayutangi kali ini, kami juga dibantu jajaran Satlantas Polresta Banjarmasin. Memang, hanya satu mobil yang kami tilang, karena kendaraannya tidak memiliki izin mengangkut barang serta surat kirnya mati,” kata Yunus kepada jejakrekam.com, Rabu (31/10/2018).
Ia menjelaskan setiap mobil angkutan harus melakukan uji kir setiap enam bulan sekali guna mengetahui kelaikan jalannya.
Yunus juga mengungkapkan dalam aksi gabungan bersandikan Zebra Intan 2018 ini, sasaran kendaraan bermotor yang dirazia adalah kendaraan yang melanggar batas muatan (overload), pengendara yang tak dilengkapi surat kendaraan bermotor baik SIM dan STNK, serta kendaraan yang memasang lampu isyarat lalu lintas seperti rotator, lampu blitz, dan sirene.
Termasuk, kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang, serta kendaraan yang tidak laik jalan, serta kendaraan derek tanpa izin operasional atau liar.

Sumber Berita : http://jejakrekam.com/2018/10/31/usai-di-lingkar-selatan-kini-giliran-kayutangi-dirazia-petugas-gabungan/

MARTAPURA, Polres Banjar beberkan tujuh poin penting sasaran utama Operasi Zebra Intan 2018 yang berlangsung 30 Oktober hingga 12 November 2018 mendatang.
Kasat Lantas Polres Banjar AKP Indra Agung Perdana Putra mengimbau dalam pelaksanaannya Operasi Zebra Intan 2018 agar masyarakat selalu mematuhi peraturan lalu lintas serta melengkapi surat menyurat kendaraan bermotor.
“Kami imbau masyarakat agar selalu tertib berlalulintas, serta selalu membawa SIM, STNK dan menggunakan kelengkapan berkendara guna membantu mensukseskan kegiatan Operasi Zebra Intan 2018,” ujarnya.
Dijelaskan Indra, ada tujuh poin penting yang menjadi sasaran utama Operasi Zebra Intan 2018 diantaranya pengendara motor yang tidak menggunakan helm, pengendara mobil yang tidak memakai sabuk pengaman, pengendara mobil yang mengemudi di atas kecepatan normal
mengemudi dalam keadaan mabuk (pengaruh narkoba/miras). Menggunakan handphone saat mengemudi kendaraan bermotor, pengendara yang belum memiliki SIM (dibawah umur), pengendara yang melawan arus.
Indra berharap dengan pelaksanaan Operasi Zebra Intan 2018 ini semakin membuat masyarakat sadar dan mengerti akan pentingnya budaya tertib berlalulintas. Karena menurutnya, banyaknya kejadian kecelakaan lalulintas disebabkan oleh faktor pelanggaran lalu lintas.
“Semoga kegiatan ini nantinya dapat menciptakan budaya tertib lalulintas masyarakat, sehingga angka kecelakaan lalulintas di Kabupaten Banjar dapat diminimalisir,” tandas Kasat Lantas Polres Banjar. (rendy)


Operasi Zebra Intan 2018 Foto : polres banjarSumber Berita : https://www.kanalkalimantan.com/7-sasaran-operasi-zebra-intan-2018-polres-banjar/

Prajurit TNI Dilibatkan dalam Operasi Zebra Intan 2018

PRAJURIT TNI dari Kodim 1006/Martapura – Korem 101/Antasari tergabung dalam gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Zebra Intan 2018, di Mapolres Banjar, Senin (30/10/2018).
OPERASI tersebut serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Polda Kalsel pada 30 Oktober hingga 12 November 2018. Gelar pasukan dipimpin Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette.
Dandim 1006/Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil mengatakan, sejumlah prajurit TNI ikut serta dalam mendukung Operasi Zebra Intan 2018 yang digelar kepolisian.
“Ketentuan dan aturan yang sudah ditetapkan oleh kepolisian, kami selaku prajurit akan mentaatinya
dan hormat pada peraturan. Tidak bawa kelengkapan surat kendaraan, bahkan motor tidak layak pakai saat terjaring Operasi Zebra, kami persilakan tilang,” katanya.

Image result for Operasi Zebra Intan 2018
Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette menyampikan, kesiapan personil maupun sarana pendukung lainya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil dengan tujuan, serta sasaran yang telah ditetapkan bersama data kecelakaan lalu lintas
Operasi Zebra Intan akan digelar selama dua pekan, dan ini akan diberlakukan sanksi tegas. “Hal ini untuk menekan angka kecelakaan serta sebagai upaya untuk menciptakan Kamseltibcarlantas dengan memperdayakan seluruh stakeholders supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan berlalulintas,” bebernya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya