» » » » » » » CINTA untuk NKRI Lebih diutamakan Film Habibie & Ainun 1 hingga 3

CINTA untuk NKRI Lebih diutamakan Film Habibie & Ainun 1 hingga 3

Penulis By on Kamis, 29 Oktober 2020 | No comments

Migo Berita - Banjarmasin - CINTA untuk NKRI Lebih diutamakan Film Habibie & Ainun 1 hingga 3. Sungguh Film yang sangat menginspirasi, ditengah Jiwa Muda yang bergejolak, tetapi Ainun dan Habibie dalam Film Edisi Kesatu, Kedua hingga Ketiga mengetengahkan Cinta Untuk Indonesia Lebih diutamakan, karena pada dasarnya mencintai negeri sendiri adalah mencintai kemanusiaan, mencintai sesama manusia berarti adalah rahmat dari Sang Maha Pencipta. Apalagi saat ini di bulan Rabiul Awwal 1442 H saat Ummat Islam memperingati Hari Kelahiran Manusia Pilihan Allah SWT yaitu Nabi Muhammad Saww, yang walaupun dihina dina di Perancis, namun Kecintaan kepada Sang Baginda Nabi Muhammad Saww tidaklah akan pudar dihati para pencintanya. Ketika Allah SWT Sang Maha Pencipta saja ber Sholawat atas Nabi Muhammad, Lalu salahkah kita ketika mencintai negeri sendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan Rahmat dari Sang Maha Segalanya adalah SALAH ?? Lalu dikatakan Indonesia mesti diganti menjadi negara KHILAFAH versi Ormas Terlarang HTI (Hizbut Tahrir Indonesia).. hemmmm.. KITA NKRI Harga Mati.

Habibie & Ainun/sinopsis

Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir. Kisah tentang Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun. Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya. Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman. Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu. Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar; Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi?

Sinopsis Rudy Habibie, Sekuel Kedua Film Habibie Ainun

JAKARTA,KOMPAS.com – Setelah sukses dengan film pertamanya Habibie Ainun, MD Pictures merilis film Rudy Habibie. Sekuel kedua film yang diangkat dari kisah hidup presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie ini digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo. Sedangkan naskahnya ditulis oleh Gina S Noer yang pernah menggarap film Dua Garis Biru (2019), Posesif (2017), dan Perempuan Berkalung Sorban (2009). Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Chelsea Islan yang berperan sebagai Illona Ianovska. Baca juga: Simak, 6 Film Indonesia yang Bakal Tayang di Viu Rudy Habibie berfokus pada cerita kehidupan BJ Habibie muda saat menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen, Jerman. Kisahnya bermula ketika Habibie muda yang biasa dipanggil Rudy berangkat ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan tingginya melalui jalur beasiswa. Di Jerman, Rudy bersahabat dengan beberapa mahasiswa Indonesia lainnya seperti Peter Manumasa (Pandji Pragiwaksono), Liem Keng Kie (Ernest Prakasa) dan Poltak Hasibuan (Boris Bokir). Baca juga: Sinopsis Train, Drakor Terbaru VIU tentang Dunia Paralel Mimpi Rudy untuk mengembangkan teknologi dirgantara di Indonesia menjadi bahan tertawaan mahasiswa indonesia lainnya karena dinilai terlalu muluk. Mimpinya itu bahkan menimbulkan konflik internal di kalangan perhimpunan mahasiswa Indonesia. Tapi dukungan dari ibunya dan amanah ayahnya untuk tidak berhenti berjuang, membuat Rudy tetap semangat dan yakin akan mimpinya. Baca juga: Sinopsis Thread of Lies, Rahasia Kelam di Balik Kematian Murid SMP, Tayang di VIU Dukungan yang sama juga dia dapatkandari seorang mahasiswa Polandia, Illona Ianovska (Chelsea Islan). Illona adalah kekasih Rudy yang selalu mendukungnya selama berada di Jerman. Film ini juga bercerita tentang pahitnya kehidupan Rudy saat kekurangan biaya di Jerman. Baca juga: Sinopsis My Bubble Tea, Drama Viu Originals yang Dibintangi Nichkhun 2PM Rudy bahkan sempat ingin pulang ke Indonesia karena kesulitan keuangan, tapi ibunya selalu mengingatkan untuk tetap bertahan. Bagaimana kelanjutan kisah perjuangan Rudy di Jerman hingga bisa mewujudkan mimpinya? Sumber Utama :  https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/16/211029966/sinopsis-rudy-habibie-sekuel-kedua-film-habibie-ainun?page=all.
Penulis : Titik Wihayanti
Editor : Rheisnayu Cyntara

Maudy Ayunda - Kamu & Kenangan (Ost. Habibie Ainun 3) - Official Video Lirik :


Untuk Video Habibie & Ainun 3 bisa download di link ini ya https://drive.google.com/file/d/1-F7caJz0rmbez8C-x7i-9AIOMNgsBhWv/view?usp=drivesdk 

Sinopsis Film Habibie & Ainun 3, Kisahkan Masa Muda Ainun yang Cheerful, Muda dan Dinamis

TRIBUNSUMSEL.COM - Habibie & Ainun 3 adalah sequel ke tiga dari seri film Habibie dan Ainun.

Film ini akan dominan menceritakan kisah muda Ainun setelah pada film "Rudy Habibie" di titik beratkan pada kisah BJ Habibie muda.

Habibie dan Ainun adalah drama biopik Indonesia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibawahi oleh produser MD Pictures (Manoj Punjabi).

Pada wawancara Hanung Bramantyo dengan MDInterview, sutradara Habibie & Ainun 3 ini berkata bahwa pada film tersebut akan menceritakan tentang "Anak-anak millenial yang saat itu merasakan ueforia yang namanya menjadi dirinya sendiri, bebas menentukan dirinya sendiri, bebas menentukan cita-citanya sendiri, tanpa perlu adanya sekat-sekat mana yang namanya pribumi, mana yang non pribumi, mana yang belanda, mana yang indo, udah gak ada lagi".

Film ini juga akan terasa "lebih muda, lebih cheerful dan lebih dinamis dibandingkan Habibie Ainun dan Rudy Habibie".

Namun pesan yang hendak disampaikan tetap sama, yaitu "mencintai Indonesia, bagaimana anak-anak muda berkorban, memutuskan masa depannya untuk membangun Indonesia".

Jika pada dua sequel sebelumnya BJ Habibie di perankan oleh Reza Hardian dan Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari, sequel ke tiga ini Maudy Ayunda dan Jefri Nichol didapuk sebagai Ainun dan Habibie muda,

Berikut pemain yang akan memerankan peran yang ada di film Habibie & Ainun

  • Maudy Ayunda - Ainun Habibie muda
  • Aghniny Haque - Arlis Reksoprodjo
  • Kevin Ardilova - Soelarto
  • Jourdy Pranata - Bambang
  • Rebecca Klopper - Heny
  • Jennifer Coppen - Dina
  • Tifani Habibie
  • Arya Saloka
  • Eric Febrian - Liem Keng Kie
  • Teuku Ryzki - Wiratman
  • Jefri Nichol - B.J. Habibie muda
  • Lukman Sardi
  • Marcella Zalianty - Ibu Besari

Film ini tentu akan menyenangkan dan dapat membangun jiwa lebih bersemangat dalam mencintai negara Indonesia.

Maka akan sangat sayang sekali jika dilewatkan.

Sumber Utama :  https://sumsel.tribunnews.com/2019/09/12/sinopsis-film-habibie-ainun-3-            kisahkan-masa-muda-ainun-yang-cheerful-muda-dan-dinamis.
Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: Siemen Martin

Kisah Cinta Habibie Ainun yang Tak Akan Mati, Rayuan Habibie Saat Melihat Ainun yang Cantik


TRIBUNSUMSEL.COM- Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat.

Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Banyak cerita dari Habibie yang telah ia bagikan

Seperti kisah cintanya dengan Ainun

Bahkan kisah ini telah dijadikan film

Ya, Kisah lama Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dengan sang istri, Ainun, masih memikat untuk didengar dan mengundang tawa pendengarnya.

Kisah ini kembali diceritakan BJ Habibie saat menjadi tamu istimewa dalam acara "Rosi Spesial Kemerdekaan: Habibie, Kemerdekaan dan Cinta" di Kompas TV

Pada awalnya, Habibie mengaku sama sekali tak tertarik dengan Ainun meski kala itu banyak laki-laki naksir pada Ainun.

"Kalau pun saya naksir (saat itu), belum tentu dia mau," ujar Habibie kepada pembawa acara, Rosiana Silalahi.

Jawaban Habibie pun mengundang tawa hadirin dalam acara tersebut.

Ainun merupakan putri dari teman orang tua BJ Habibie.

Habibie pun dekat dengan ayah Ainun sejak berusia 12 tahun.

Kala itu, ia mengaku datang kepada ayah Ainun karena memiliki banyak pertanyaan.

"Bapaknya Ainun pintar banget," tuturnya.

Habibie termasuk yang datang dari keluarga tak berada.

Para laki-laki yang mendekati Ainun hampir semuanya memiliki mobil atau merupakan anak menteri dan pejabat negara.

Sedangkan ayah Habibie saat ia kuliah sudah meninggal dunia.

Sehingga, ibunya harus banting tulang menjalankan usaha katering untuk membiayai Habibie sekolah.

Kedekatan Habibie dengan ayah Ainun bahkan kerap dimanfaatkan kawan-kawan Habibie.

Mereka yang naksir pada Ainun dan kakak Ainun ingin datang, namun takut pada ayah Ainun yang agak galak.

Mereka kemudian mengajak Habibie dan menghampiri Ainun serta kakaknya saat sang ayah tengah asyik ngobrol dengan Habibie.

"Saya bicara saja, dia senang ketemu saya. Sudah bicara gitu, anak-anak itu masuk pacaran dengan Ainun atau kakaknya itu urusan mereka," tutur politisi senior Partai Golkar itu.

Habibie dan Ainun rupanya memiliki satu kesamaan.

Saat duduk di bangku SMA, keduanya dicap oleh guru ilmu pasti sebagai siswa paling muda di kelas namun sama-sama cerdas.

Adapun Ainun satu angkatan lebih muda dari Habibie.

Dicap sama-sama pandai, guru tersebut pun kerap mengatakan jika Habibie dan Ainun menikah pasti memiliki anak-anak yang juga cerdas.

Sering dijodoh-jodohkan, Habibie merasa malu.

Sebab, ia tak tertarik dengan Ainun.

"Saya tidak ada alasan karena saya tidak interest," ucap dia.

 Karena kerap dijodohkan seperti itu, ia pun suka mengejek Ainun dengan sebutan gendut dan jelek.

"Saya bilang, 'Jawa, gendut, jelek. Kamu kok hitam kayak gula Jawa'," kata Habibie.

Meski begitu, Ainun tak pernah marah dipanggil dengan sebutan-sebutan itu.

"Ya hebatnya Ainun, dia enggak marah. Karena dia enggak marah, itu yang namanya Habibie malu," ucapnya.

Skenario ibunda

Tak sampai satu tahun Habibie menganyam pendidikan di Institut Teknokogi Bandung (ITB), ia melanjutkan pendidikan ke Jerman.

Sewindu tak bertemu Ainun, ia pulang ke Tanah Air.

Ibunda Habibie kemudian mengajaknya ke rumah Ainun.

Habibie sempat malu karena sempat menyindir Ainun dengan sebutan "gendut, hitam dan jelek".

Padahal, keluarga Ainun sangat baik padanya.

Rupanya, sang ibu khawatir Habibie memadu kasih dengan perempuan Eropa.

"Ibu saya punya program sendiri. Yaitu si Rudy (panggilan Habibie) daripada ketemu orang-orang bule dan dia gitu (pergaulannya)," kata dia.

Pada saat itulah Habibie kembali bertemu dengan Ainun.

Ia sempat kaget melihat Ainun yang lebih cantik daripada Ainun yang dikenalnya sebelumnya.

"Ainun, cantiknya. Kok gula Jawa jadi gula pasir," ucap Habibie. Pernyataan itu pun disusul tawa penonton yang hadir di studio. (Kompas.com/ Nabila Tasandra)

Sumber Utama :   https://sumsel.tribunnews.com/2019/09/11/kisah-cinta-habibie-ainun-yang-tak-akan-mati-rayuan-habibie-saat-melihat-ainun-yang-cantik?page=all.

Editor: M. Syah Beni

Penyanyi cantik Maudy Ayunda merilis single baru berjudul 'Kamu dan Kenangan'.

Single Kamu dan Kenangan ini dijadikan original Sountrack film Habibie Ainun 3.

Single baru yang dirilis tersebut berbentuk video lirik yang diunggah channel Youtube Trinity Optimal Production pada Senin (24/6/2019)

Berikut lirik lagu 'Kamu & Kenangan' (OST Habibie Ainun 3) - Maudy Ayunda:

Seusai itu senja jadi sendu
Awan pun mengabu
Kepergianmu menyisakan duka dalam hidupku
Ku memintal rindu
Menyesali waktu mengapa dahulu
Tak kuucapkan aku mencintaimu
Sejuta kali sehari

Walau masih bisa senyum
Namun tak selepas dulu
Kini aku kesepian

Kamu dan segala kenangan
Menyatu dalam waktu yang berjalan
Dan aku kini sendirian
Menatap dirimu hanya bayangan

Tak ada yang lebih pedih
Daripada kehilangan dirimu
Cintaku tak mungkin beralih
Sampai mati hanya cinta padamu
Padamu...

Walau masih bisa senyum
Namun tak selepas dulu
Kini aku kesepian

Kamu dan segala kenangan
Menyatu dalam waktu yang berjalan
Dan aku kini sendirian
Menatap dirimu hanya bayangan
Hanya bayangan...

Tak ada yang lebih pedih
Daripada kehilangan dirimu
Cintaku tak mungkin beralih
Sampai mati hanya cinta padamu

Tak ada yang lebih pedih
Daripada kehilangan dirimu
Cintaku tak mungkin beralih
Sampai mati hanya cinta padamu

Ku mencintaimu
Kamu dan kenangan


Sumber Utama :    https://sumsel.tribunnews.com/2019/06/25/download-lagu-mp3-kamu-dan-kenangan-maudy-ayunda-ost-film-habibie-ainun-3-ada-lirik-lagunya?page=all.
Penulis: Abu Hurairah
Editor: M. Syah Beni

Akan Ada Monumen Cinta Habibie Ainun di Parepare

Jumat, 29 Agustus 2014 06:43

TRIBUNSUMSEL.COM - Kamis (28/8/2014) petang, menjadi hari yang panjang bagi Presiden Ketiga Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie. Beragam agenda dia jalankan petang itu di Parepare, Sulawesi Selatan, termasuk meresmikan dimulainya pembangunan Monumen Cinta Habibie Ainun.

"Monumen ini dibangun untuk mengenang cinta Bapak BJ Habibie dan Ibu Ainun, sebagai cinta sejati, “ kata Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dalam sambutan peresmian itu, Kamis. Monumen tersebut akan berlokasi di sudut lapangan Andi Makkasau, Kelurahan Malusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Lima kalimat cinta

Saat meresmikan dimulainya pembangunan monumen, Habibie membubuhkan lima kalimat cinta pada papan yang telah disiapkan Pemerintah Kota Parepare. Pesan ini nanti akan ditorehkan di monumen tersebut.

Kelima kalimat cinta itu adalah "cinta pada sesama manusia", "cinta pada karya sesama", "cinta pada lingkungan", "cinta pada pekerjaan", dan "cinta pada Tuhan". Habibie memberinya nama "Panca Tunggal".

"Jika kelima cinta ini kita jaga, maka kita akan sukses dalam kehidupan di dunia dan akhirat," kata Habibie, usai membubuhkan kelima kalimat itu. Monumen ini akan dibangun dengan dana Rp 500 juta, sebagai bagian dari renovasi lapangan.

Selain meresmikan dimulainya pembangunan monumen ini, Habibie sudah terlebih dahulu meresmikan Institut Teknologi Habibie di kota ini. Habibie juga sempat bernostalgia ke rumah masa kecilnya yang sekarang telah menjadi rumah dinas milik Bank BNI.

Sumber Utama :   https://sumsel.tribunnews.com/2014/08/29/akan-ada-monumen-cinta-habibie-ainun-di-parepare.

Editor: Yohanes Iswahyudi 

Hubbul Wathan Minal Iman (Mencintai Tanah Air, Sebagian Dari Iman)

Kamis, 20 Agu 2020 | 05:48:57 WIB, Dilihat 3788 Kali

A. Dalil rujukannya. Hal tersebut sesuai dengan apa yang terkandung dalam sebuah hadits berikut ini:

“Dari sahabat Anas, bahwa Nabi Saw. ketika kembali dari bepergian, dan melihat dinding-dinding Madinah beliau mempercepat laju untanya. Apabila beliau menunggangi unta maka beliau menggerakkanya (untuk mempercepat) karena kecintaan beliau pada Madinah.”  (HR. Bukhari, Ibnu Hibban dan Tirmidzi).

B. Pelajaran yang terdapat dalam hadits di atas adalah :

1. Islam mengajarkan bahwa cinta kepada  tanah air adalah bagian dari iman.

Tanah air kita adalah Indonesia. Mencintai Indonesia adalah bagian dari iman. Oleh karena itu,  siapa saja yang mengkhianati tanah air Indonesia berarti telah kehilangan imannya, minimal  sebagian besar imannya telah musnah, na'udzullah min ndalliq.

Atas dasar pertimbangan  tersebut maka,  Syekh Muhammad Ali dalam kitab 'Dalilul Falihin' hal. 37 mengatakan, “Cinta tanah air bagian dari iman.”

2. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa hukumnya adalah wajib.

Kiai Muhammad Said dalam kitab 'Ad-Difa’ani Al Wathan min Ahammi al-Wajibati ala Kulli Wahidin Minna'   hal. 3   menjelaskan bahwa umat Islam wajib menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw., yaitu  memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan Muhajirin, antara kalangan Muhajirin dan Ansor, serta mengakomodasi kepentingan umat Islam, umat Yahudi, dan orang-orang Musyrik.

3. Mencintai tanah air merupakan ajaran Rasulullah Muhammad Saw.

Rasulullah Saw. mencintai Makkah dan Madinah karena dua tempat mulia tersebut merupakan tanah air beliau. Mencintai tanah air adalah bagian dari iman karena tanah air merupakan sarana primer untuk melaksanakan perintah agama. Tanpa tanah air, seseorang akan menjadi tunawisma. Tanpa tanah air, agama seseorang kurang sempurna, dan tanpa tanah air, seseorang akan menjadi terhina.

4. Rindu dan cinta tanah air adalah kodrat manusia.

Al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam Fath al-Bari'  juz 3, hal. 705 menjelaskan bahwa  hadits tersebut di atas menunjukan keutamaan Madinah dan dianjurkannya mencintai tanah air serta merindukannya.

5. Mencintai Indonesia bagi orang Indonesia  adalah perintah wajib agama.

Dalam konteks Indonesia, menjaga kemerdekaan RI, menjaga Pancasila, menjaga Bhineka Tunggal Ika, menjaga NKRI, dan menjaga UUD 1945 adalah perintah agama.

6.  Setiap orang Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan arif, ikhlas, dan sungguh-sungguh.

Bagaimana kita mengisi kemerdekaan RI tercinta ini? Syekh Muhammad Amin As-Syinqithi sebagaimana dikutip Muhammad Said dalam kitab  Al-Difa’ani Al Wathan min Ahammi Al Wajibati ala Kulli Wahidin Minna' hal. 24-25 mengatakan bahwa  Al-Qur’an telah memposisikan umat Islam pada posisi yang merdeka, mulia, terhormat, maju, dan mandiri.  Ketika umat Islam dalam posisi terbelakang, miskin, atau dalam kondisi yang mundur, lebih disebabkan oleh kecerobohan umat Islam sendiri, yaitu meninggalkan kewajiban dalam mengelola kehidupan duniawi.

7.  Apapun karyanya, mengisi kemerdekaan adalah sebuah keniscayaan.

Imam An-Nawawi menyatakan dalam pendahuluan kitab Al-Majmu’  wajib bagi umat Islam untuk bekerja, mandiri dan produktif dalam segala kebutuhan, walaupun hanya memproduksi sebuah jarum maupun garam.

8. Jadilah warga bangsa yang profesional.

Umat Islam tidak boleh tergantung pada umat lain. Sebab tolok ukur kekuatan umat Islam tergantung terhadap kemandiriannya dalam mencukupi kebutuhan. Untuk mengisi kemerdekaan dan mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, maju dan berdaulat, setiap warga memperjuangkan bangsa sesuai profesi masing-masing. Jika menjadi pejabat, jadilah pejabat yang baik, amanah, jujur  dan tidak korupsi. Jika menjadi pendidik, jadilah pendidik yang baik, produktif dalam karya ilmiah, jujur  dan mengabdi di masyarakat.  Jika menjadi pelajar, jadilah pelajar yang rajin menuntut ilmu di bidang masing-masing, karena ilmumu kelak dibutuhkan oleh bangsa dan umat. Secara umum, jadilah warga negara yang selalu berusaha berbuat baik dalam segala kondisi, tempat  dan berperilaku baik dengan akhlak yang mulia. Berusaha untuk berbudi pekerti luhur, menjaga moral  dan membangun kecintaan terhadap tanah air dengan jalan yang baik.

9. Terciptanya stabilitas nasional dalam segala hal adalah mutlak harus diwujudkan.

Mengapa  hubbul wathan minal iman? Mengapa kita perlu mencintai tanah air Indonesia tercinta ini? Karena hanya dengan kondisi bangsa dan negara yang aman dan stabil, umat Muslim bisa beribadah dengan nyaman, beramal dengan baik dan dapat beristirahat dengan nyenyak. Coba bayangkan saudara-saudara kita yang selalu dilanda pertikaian dan  peperangan antar kubu yang tidak cinta kepada tanah airnya,  seperti di Suriah, Afghanistan, Irak dan Libya. Mereka tidak pernah nyaman dan enak seperti kita.  Atsar Khalifah Umar bin Khatab RA, sebagaimana dikutip Syekh Ismail Haki dalam kitab Tafsir Ruhul Bayan'  juz 6 hal. 442 menyatakan, Sayyidina Umar berkata : “Seandainya tidak ada cinta tanah air, hancurlah negara yang terpuruk. Dengan cinta tanah air, negara akan Berjaya.”

10. Tercipranya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur adalah cita-cita yang harus kita wujudkan.

Dengan kecintaan terhadap tanah air, setiap orang memiliki keinginan untuk menjadikan tanah airnya maju, aman dan damai. Dengan cinta tanah air, seseorang tidak menginginkan bangsanya hancur, terpecah belah, penuh konflik dan saling bermusuhan. Di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75 ini, semoga Indonesia menjadi negara yang maju, aman, damai, sejahtera, dicintai rakyatnya,  menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (negara yang baik dan diampuni oleh Allah SWT.), serta segera terbebas dari Pandemi Covid-19. Âmîn yâ rabbal ‘âlamîn...

C. Tema hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur'an adalah:

Ayat-ayat Al Qur'an yang menjadi landasan berpijak cinta tanah air adalah :

1. Al Qashash ayat 85. “Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al-Qur’an benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.”  (QS. Al-Qashash: 85).

2. An Nisa' ayat 66. “Dan sesungguhnya jika seandainya Kami perintahkan kepada mereka (orang-orang munafik): ‘Bunuhlah diri kamu atau keluarlah dari kampung halaman kamu!’ niscaya mereka tidak akan melakukannya, kecuali sebagian kecil dari mereka.” (QS. An-Nisa': 66).

3. At Taubah ayat 122, Tafsir Syekh Muhammad Mahmud Al-Hijazi yaitu; “Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.”  (QS. At-Taubah: 122).

 “Semoga kita selalu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh. Hanya Allah-lah yang memberi taufik dan hidayah.”

Dirgahayu Republik Indobesia, semoga Allah SWT senantiasa membimbing, melindungi,  memberi  keikhlasan dan kekuatan kepada kita untuk membangun Indonesia menjadi maju dan bermartabat, aamiin YRA. ***

Hubbul Wathan Minal Iman (Mencintai Tanah Air, Sebagian Dari Iman) 

Oleh: Prof.Dr.H.Asasriwarni MH (Guru Besar UIN IB/Musytasyar PWNU Sumbar)

Sumber Utama : http://sitinjausumbar.com/berita/detail/hubbul-wathan-minal-iman-mencintai-tanah-air-sebagian-dari-iman

Re-post by MigoBerita / Jum'at/30102020/10.27Wita/Bjm

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya