» » » » MTQ 49 Banjarmasin dibuka langsung oleh Walikota

MTQ 49 Banjarmasin dibuka langsung oleh Walikota

Penulis By on Selasa, 16 Mei 2017 | No comments

Meski Diguyur Hujan MTQ 49 Banjarmasin Meriah

BANJARMASIN, KP – Meskipun sejak sore hingga menjelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLIX 49 yang dikuti 249 qori dan qoriah mengikuti , Sabtu (13/5) malam tingkat Kota Banjarmasin tahun 2017 yang dilaksanakan di halaman Siring Depan Pemko Banjarmasin tetap meriah.
Pembukaan yang langsung dilakukan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina diharapkan dapat lebih sarana menjadi syiar pengembangan Islam di Kota Banjarmasin.  Selain itu, dengan MTQ dapat memotivasi masyarakat meningkatkan proses pembelajaran Alquran.
“Kita ingin mampu menciptakan generasi qurani yang mampu mendalami, menghayati dan mengamalkan isi yang terkandung Alquran,” ujar Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, saat menyampaikan sambutannya, Sabtu (13/5).
Politisi PKS ini juga mengatakan meskipun saat  akan dilaksanakna pembukaan hujan tetapi tak menghalangi kegiatan untuk melakukan Syiar Islam tersebut. Bahkan banyak undangan termasuk seluruh masyarakat berdatangan hingga acara meriah.
Bahkan mantan anggota DPRD Kalsel ini juga mengatakan, LPTQ Kota Banjarmasin dan LPTQ Kecamatan terus bekerja keras mencari bibit dan menyusun pola pembinaan yang baik serta berjenjang, untuk menemukan qori, qoriah, hafidz, hafidzah yang berkualitas.
“Nantinya, mereka dapat mewakili Kota Banjarmasin baik ditingkat provinsi, tingkat nasional, maupun internasional,” harapnya.

PEMBUKAAN MTQ dan  PAWAI TA’RUF—Walikota Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Hermansyah juga Sekdako Banjarmasin Drs H Hamli Kursani maupun Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Iwan Rusmali saat melakukan pembukaan MTQ  49 Banjarmasin yang sebelumnya juga dilakuan pembukan Pawai Ta’ruf yang dilaksanakan, Sabtu (12/5) dan tampak kegiatan pembukaan. (KP/Istimewa)
PEMBUKAAN MTQ dan PAWAI TA’RUF—Walikota Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Hermansyah juga Sekdako Banjarmasin Drs H Hamli Kursani maupun Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Iwan Rusmali saat melakukan pembukaan MTQ 49 Banjarmasin yang sebelumnya juga dilakuan pembukan Pawai Ta’ruf yang dilaksanakan, Sabtu (12/5) dan tampak kegiatan pembukaan. (KP/Istimewa)

Sementara itu, dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin hamli Kursani dan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin H Sofrayani mengajak, seluruh lapisan masyarakat terutama para orangtua untuk benar-benar mendidik dan mengajarkan sejak dini anak-anak mereka, tentang nilai nilai yang terkandung Alquran. “Sehingga generasi yang akan datang lebih berkarakter dan berjati diri,” katanya.
Sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan MTQ tersebut, Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin menjelaskan, pelaksanaan MTQ tingkat Kota Banjarmasin dimulai sejak  tanggal 13 hingga 16 Mei 2017.
Sedangkan tempat pelaksanaannya, lanjutnya, tersebar di enam tempat di kawasan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Tengah.
“Pertama panggung utama Siring Balai Kota Banjarmasin, kemudian Masjid Hudaibiyah, Kecamatan Banjarmasin Timur, Masjid Al Ikhwan Jalan Veteran, MtsN Ikhwan Jalan Veteran, Masjid Al Mukhlisin Jalan Manggis, dan SMA Muhammadyah II Jalan Manggis,” jelasnya, saat menyampaikan laporannya.
Lebih lanjut dikatakannya, cabang kegiatan dalam MTQ berjumlah 8 item. Antara lain Musabaqah Tilawatil Quran terdiri atas tiga golongan, golongan anak-anak dengan peserta sebanyak 16 orang. Golongan remaja pesertanya sebanyak 20 orang, dan golongan dewasa sebanyak 15 orang.
Musabaqah Tartilul Quran pesertanya sebanyak 18 orang, bebernya, Musabaqah Qira’at Alquran pesertanya berjumlah 7 orang. Sedangkan Musabaqah Hifzul Quran terdiri dari 5 golongan, golongan satu juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 20 orang.
Khusus untuk golongan lima juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 16 orang. Golongan sepuluh juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 9 orang. Golongan 20 juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 4 orang, dan golongan 30 juz, dua orang. “Untuk Musabaqah Fahmil Quran peserta sebanyak 10 regu. Sedangkan Musabaqah Khatil Quran pesertanya sebanyak 63 orang, Musabaqah  Syahril Quran pesertanya 30 orang,” katanya.
Untuk hadiahnya, terangnya lagi, Pemko Banjarmasin menyediakan berbagai hadiah untuk setiap lomba, seperti tropy, uang pembinaan, dan 4 hadiah umroh. “Semoga dapat menambah motivasi para peserta loma untuk menunjukan dan menampilkan yang terbaik dari potensi yang mereka miliki,” katanya.
Bahkan dalam kegiatan yang dihadir, istri Walikota Banjarmasin, Hj Siti wasilah, istri wakil walikota Banjarmasin, Hj Siti Fatimah, dan istri Sekdako Banjarmasin Hj Aneta Olfah, juga dilakukan penyerahan tropy bergilir dari Camat Banjarmasin Selatan ke Walikota Banjarmasin kemudian diserahkan lagi Camat Banjarmasin Timur. Rangkaian lainnya kegiatan tersebut adalah pelantikan dewan hakim dan majelis hakim MTQ yang dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. (vin/K-5) / http://www.kalimantanpost.com/meski-diguyur-hujan-mtq-49-banjarmasin-meriah/ 

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Rabu/17052017/09.42Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya