» » Akankah Film Perang Banjar Pangeran Antasari ditayangkan di XXI

Akankah Film Perang Banjar Pangeran Antasari ditayangkan di XXI

Penulis By on Jumat, 29 Desember 2017 | No comments

Gubernur Ingin Film Pangeran Antasari Diputar di Bioskop

Jengkel Disdik Tak Koordinasi Pemutaran Perdana Film Pangeran Antasari

PROKAL.CO, BANJARMASIN – Jika Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel punya keinginan menayangkan film Pangeran Antasari di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, lain hal dengan keinginan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Orang nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel itu, menginginkan pemutaran perdana film yang menghabiskan anggaran APBD mencapai Rp2,9 miliar itu digelar di bioskop.
“Kenapa di Kiram, harusnya di XXI lah,” tukas Sahbirin, Minggu (24/12) malam. Gubernur sendiri Sahbirin sempat terkejut ketika mendengar ada rencana Disdikbud ini. Dia mewanti-wanti agar Disdikbud menemui dirinya dulu untuk berkoordinasi soal pemutaran film semi kolosal itu.
“Nanti dulu, bilang ke mereka (Disdikbud) lapor ke saya dulu,” kata Sahbirin singkat. Sahbirin sendiri ikut berperan dalam film ini sebagai rakyat biasa.
 

Pemutaran perdana direncanakan digelar pada malam pergantian tahun nanti. "Saya tunggu laporannya dulu. Paling tidak awal tahun nanti. Sekitar bulan Januari. Saya menunggu laporan dari Disdikbud dulu,” tutur Sahbirin.
Film garapan PT. Cahaya Kristal Media Utama informasinya memang sudah rampung. Meski demikian, Disdikbud belum menerima film tersebut. Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel Ahmad Subakti selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) mengungkapkan, hasil film belum di tangan mereka.
Mempercepat penayangan, pihaknya berencana mengambil langsung ke rumah produksi di Jakarta. “Kami target 1-2 hari hasilnya sudah ada di kami. Nantinya ketika sudah ada langsung dilaporkan ke gubernur. Kalau perlu kami yang mengambil hasil film ini ke Jakarta, biar cepat,” tuturnya.
Terlaksananya film Pangeran Antasari bermula ketika pementasan teater kolosal Perang Banjar di Stadion Lambung Mangkurat tahun 2016 lalu. Ketika itu, gubernur menginginkan sejarah perjuangan rakyat Kalsel ini di angkat ke layar lebar.
Penggarapan film ini tak hanya melibatkan puluhan pemain lokal, namun melibatkan pula aktor dan aktris nasional, seperti Egi Fedly yang memerankan Pangeran Antasari dan Helmalia Putri yang memerankan istri Pangeran Hidayatullah. (mof/ay/ran)

Sumber Berita : http://kalsel.prokal.co/read/news/12922-gubernur-ingin-film-pangeran-antasari-diputar-di-bioskop.html

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Sabtu/30122017/14.15Wita/Bjm 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya