» » » » Bahan dasar minyak jelantah dan air bisa bikin sabun cuci, nah ini ide Kids Zaman Now asal SMPN 3 Paringin

Bahan dasar minyak jelantah dan air bisa bikin sabun cuci, nah ini ide Kids Zaman Now asal SMPN 3 Paringin

Penulis By on Jumat, 23 Februari 2018 | No comments

Wih Hebat! SMPN 3 Paringin Ini Bikin Sabun Ramah Lingkungan, Mau Tahu Bahannya?

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - SMPN 3 Paringin semakin memantapkan diri untuk menyongsong penilaian adiwiyata tingkat nasional.
Untuk itulah dengan semangat peduli lingkungan sebagai karakter sekolah aalah satu kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswa SMPN 3 Paringin, yaitu untuk pengendalian kerusakan lingkungan dan pengendalian pencemaran lingkungan.
Kegiatan tersebut yaitu membuat sabun cuci dengan bahan dasar minyak jelantah dan air yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti sabun di sekolah.


Ledy Sagita selaku Ketua Adiwiyata SMPN 3 Paringin, Sabtu (24/2/2018) menjelaskan, bahwa minyak jelantah merupakan jenis limbah yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
Menurutnya, jika dibuang secara sembarangan berpotensi menjadi limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang mengakibatkan kerusakan habitat dan ekosistem air, sehingga mencemari air tanah serta mencemari lingkungan.
"Pembuatan sabun dari minyak jelantah ini dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar kita. Jadi sabun yang dihasilkan merupakan sabun ramah lingkungan," ujarnya.
Lebih lanjut dijabarkannya, pembuatan sabun ramah lingkungan ini berbahan dasar air, daun pandan, soda api, arang dan minyak jelantah.
Lalu kemudian minyak dijelantah direndam arang aktif selama dua hari, setelah dua hari minyak jelantah disaring dari kotoran.
"Setelah itu siapkan air yang dicampur daun pandan yang berguna sebagai pewangi alami, kemudian dicampu dengan soda api diaduk diwadah sampai hangat," jelasnya.
Setelah itu masukan minyak jelantah sampai mengental, maka jadilah sabun yang ramah lingkungan.
Menurutnya, sabun ini merupakan pembelajaran daur ulang limbah yang menghasilkan rupiah, selain itu juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
"Manfaatnya bisa membersihkan noda dengan bersih, dan cukup aman buat yang alergi sabun," pungkasnya.
Seperti diketahui SMPN 3 Paringin merupakan sekolah yang mempunyai visi berwawasan IPTEK dan IMTAQ serta berbudaya peduli lingkungan.
Sedangkan misi yang berhubungan dengan peduli lingkungan antara lain mendorong siswa untuk membudayakan pelestarian fungsi lingkungan, meningkatkan partisipasi siswa dalam pengendalian kerusakan lingkungan di sekolah, dan menjalin kerjasama yang harmonis antara sekolah, dan masyarakat dalam pengendalian pencemaran lingkungan.(Banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)
Wih Hebat! SMPN 3 Paringin Ini Bikin Sabun Ramah Lingkungan, Mau Tahu Bahannya?
elhami
SMPN 3 Paringin semakin memantapkan diri untuk menyongsong penilaian adiwiyata tingkat nasional. 
Sumber Berita : http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/02/24/wih-hebat-smpn-3-paringin-ini-bikin-sabun-ramah-lingkungan-mau-tahu-bahannya?page=all 

Re-Post by http://migoberita.blogspot.co.id/ Sabtu/24022018/15.29Wita/Bjm
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya