Migo Berita - Banjarmasin - Banua Banjar Terkini. Kali ini Tim Migo Berita menghadirkan berbagai berita dari dalam Banua Banjar hingga luar Banua Banjar, namun masih sangat hangat dibicarakan. Agar tidak gagal paham, baca tuntas berbagai artikel yang telah kita kumpulkan.
apahabar.com, JAKARTA- Membayar pajak kendaraan bermotor tidak perlu harus datang ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap), karena kini cukup melalui aplikasi Signal atau Samsat Digital Nasional.
Signal adalah sebuah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Korlantas Polri untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) secara aman dan mudah.
Dengan aplikasi tersebut, pemilik kendaraan cukup membayar PKB dari gawai pribadinya yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Layanan yang dtiawarkan Signal pun beragam, mulai dari pembayaran pajak tahunan dan pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).
Cara Melakukan Pembayaran Pajak di Signal
Cara untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan juga tidak terlalu sulit, hanya perlu mengunduh aplikasi di Play Store atau iStore.
Dikutip dari laman samsatdigital.id, pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi akun dan memasukkan data kendaraan terlebih dahulu di aplikasi Signal.
Baca Juga: Cara Mencegah agar Mobil Tidak Mudah Terbakar
Baca Juga: Mitsubishi Hadirkan Promo Penjualan Menarik Sepanjang Oktober 2022
Selanjutnya, masukan data-data pribadi Anda seperti NIK, Nama sesuai eKTP, alamat e-mail dan nomor HP.
Lalu, masukan kata sandi, masukkan foto e-KTP, lakukan verifikasi biometrik wajah dengan melakukan swafoto dan masukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS.
Registrasi berhasil, selanjutnya lakukan verifikasi ulang dengan mengklik link yang dikirimkan oleh Signal ke e-mail yang telah didaftarkan.
Cara Mendaftar Kendaraan Milik Pribadi
Cara mendaftarkan kendaraan milik sendiri di aplikasi Signal, pertama pilih menu Tambah Data Kendaraan Bermotor.
Selanjutnya, pilih kendaraan atas nama sendiri, masukan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor, kemudian masukkan 5 digit terakhir nomor rangka.
Cara Mendaftarkan Kendaraan Milik Orang Lain
Pertama, pilih tombol simbol tambah untuk menambahkan data kendaraan dokumen digital sehingga muncul tampilan form tambah dokumen data kendaraan.
Masukkan nama pemilik pada kolom pemilik kendaraan, jika unit tersebut milik istri atau anak dalam satu KK maka pilih Milik Keluarga satu KK.
Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pada kolom NRKB.
Masukkan Nomor Rangka 5-digit terakhir pada kolom Nomor Rangka.
Masukan NIK pemilik kendaraan dan menggugah foto KTP, setelah semua kolom diisi maka klik tombol 'Lanjut'.
Kemudian akan tampil peringatan bahwa dokumen berhasil ditambahkan.
Baca Juga: MotoGP 2023 Akan Menerapkan Sprint Race, Seperti Apa Aturannya?
Baca Juga: Tips Cara Aman Membonceng Anak saat Naik Motor
Perlu diketahui, pembayaran pajak kendaraan bermotor dilakukan menggunakan Kode Bayar yang diterbitkan saat melakukan proses pengesahan STNK pada aplikasi Signal.
Kode Bayar di aplikasi Signal hanya akan berlaku selama 2 jam. Setelah 2 jam Kode Bayar akan hangus dan pemilik kendaraan harus mengulang proses pengesahan STNK.
Cara bayar pajak kendaraan bermotor setelah mendapat Kode Bayar, pertama klik notifikasi "Lanjut Proses Pembayaran", lalu generate Kode Bayar, klik "Lanjut".
Pilih salah satu Bank, klik "Lanjut", lalu akan tampil cara pembayaran, klik "Lanjut" dan Selesai, silakan lakukan pembayaran.
Pembayaran dapat dilakukan di bank yang telah dipilih dengan cara transfer atau secara langsung di teller bank. Seperti bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, Bank Danamon, atau Bank DKI.
Selanjutnya setelah pembayaran terkonfirmasi, maka aplikasi Signal akan secara otomatis mengirimkan bukti pengesahan STNK dan TBPKP di aplikasi tersebut.
Bukti digital pengesahan STNK dan TBPKP itu telah diotorisasi oleh Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara, sehingga bukti digital itu bersifat sah dan valid.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapat bukti fisik pengesahan STNK dan TBPKP lewat layanan pengiriman yang ada di aplikasi Signal.
Baca Juga: Menguak Orang Pertama di Dunia yang Kena Tilang Polisi
Baca Juga: Jadi Incaran, Motor Bekas Honda Vario 125 Harganya Pas di Kantong
Pada tahapan di atas, Anda hanya perlu menyetujui pengiriman TBPKP serta diminta untuk mengisi data diri, seperti NIK KTP, nama lengkap, alamat pengiriman, nomor telepon, dan sebagainya.
Setelah pengisian selesai, akan ditampilkan dengan total biaya pengiriman TBPKP.
Bukti fisik atau dokumen pengesahan STNK dan TBPKP bakal dikirimkan melalui Pos Indonesia.
Sebagai informasi, saat ini beberapa provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta tengah memberikan pemutihan pajak sejak 15 September sampai 15 Desember 2022.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/bayar-pajak-kendaraan-kini-makin-mudah-berkat-aplikasi-signal-l9cfkngd?page=all
Menteri ESDM Bicara Tragedi Longsor 171 Satui, Warga: Evaluasi Seluruh IUP!
apahabar.com, JAKARTA - Longsornya jalan nasional Kilometer 171 Satui Tanah Bumbu tak ubahnya tragedi. Melumpuhkan ruas jalan Kalimantan Selatan-Kalimantan Timur, puluhan keluarga terpaksa mengungsi dibuatnya.
Nyaris sebulan berlalu, belum terlihat perbaikan dan pembenahan yang signifikan. Pemerintah masih sibuk saling tunjuk dengan perusahaan tentang siapa pihak yang paling bertanggung jawab.
Pantauan apahabar.com pada Sabtu (22/10), sejumlah pemotor kesulitan melintasi jalan yang terputus total sejak Minggu lalu (16/1). Longsor susulan subuh itu memakan semua badan jalan hingga ke tiang listrik.
Di lapangan, yang terlihat saat ini adalah pekarangan milik warga disulap menjadi jalan darurat. Hanya sepeda motor yang diperbolehkan melintas oleh pemilik tanah. Jika hujan, sudah pasti jalan berlubang yang hanya cukup dilalui oleh roda dua itu berair dan berlumpur.
Baca Juga: Warga HSS Kalsel Ramai-Ramai Jual Lahan, Batu Bara Membawa Sejahtera?
"Demi alasan kemanusiaan dan meski belum ada penggantian kerugian, pemilik tanah membolehkan pekarangannya dilintasi oleh pengendara umum. Karena kalau lewat jalan alternatif, kasihan roda dua, banyak pemotor yang jatuh," ujar kuasa hukum 23 keluarga terdampak longsoran 171 Satui, Agus Rismalian Nor.
Baca Juga: Amblasnya Jalan Nasional Km 171 Satui Tanbu, Tanggung Jawab Siapa?
Jalan alternatif tak kalah sulitnya dilintasi. Pada Minggu (16/10), sebuah taksi Colt menghantam sebuah mobil di depannya. Saking licinnya jalan tanah, Colt tersebut melaju hingga lepas kendali.
Jalan darurat yang dibuat sepekan belakangan sedianya sempat ditutup karena pemilik belum menerima kejelasan soal ganti rugi. "Tapi ya tadi, pemilik tanah akhirnya rela hati mengikhlaskan pekarangannya dipakai walau belum ada ganti rugi," ujarnya.
Teranyar, insiden longsornya jalan nasional Km 171 Satui turut menyita perhatian Menteri ESDM Arifin Tasrif. Ditemui media ini baru-baru tadi, orang nomor satu di Kementerian ESDM itu memastikan telah menerjunkan tim ke lapangan.
"Kita lagi kirim tim untuk mengecek dan memastikan [apakah, red] penyebabnya dari tambang," ujar Arifin.
Pernyataan Arifin bertalian dengan hasil analisis Walhi. Hasil analisis organisasi lingungan hidup independen itu mendapati longsor imbas masifnya aktivitas pertambangan.
Lebih rinci, Walhi mendapati fakta lubang tambang yang hanya berjarak 38 meter dari sisi utara dan 152 meter sisi selatan dari badan jalan. Termasuk fakta jika di dekat titik longsor masih terdapat tambang aktif yang hanya berjarak 183 meter.
Mengacu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 4/2012, jarak minimal tepi galian lubang tambang dengan permukiman warga adalah 500 meter. Perusahaan tambang seharusnya menutup lubang tambang setelah melakukan pengerukan.
Soal ada tidaknya pelanggaran, Arifin belum bisa menyimpulkan, setidaknya sampai timnya selesai bekerja. "Contohnya kemarin di Kalimantan Utara, kita kirim tim, kita cek, verifikasi, kemudian kita lihat, kondisinya kaya apa, disebabkan misalnya kaidah pertambangannya tidak baik, pasti ada aturannya," pungkas Arifin.
Mengenai kedatangan tim Kementerian ESDM, Agus Rismalian Noor menyatakan siap menunjukkan fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan.
Agus tak mau tim Kementerian ESDM turun hanya sekadar formalitas namun investigasi nanti nihil hasil, sedang fakta di lapangan secara kasat mata tampak jelas longsor itu akibat tambang.
"Aku yakin Kementerian ESDM turun pasti ada juknis [petunjuk teknis] yang mereka pegang untuk investigasi," jelas Agus.
Tak hanya di Satui, Agus berharap Kementerian ESDM turut mengevaluasi menyeluruh izin usaha pertambangan (IUP) di seluruh Kalsel. Terutama IUP yang bersinggungan dengan permukiman penduduk dan jalan nasional, seperti yang ada di Satui.
Sebagai gambaran, Walhi juga menemukan sepanjang 456 ribu meter jalan negara di Kalsel telah dibebani dan dikepung perizinan tambang batu bara.
Baca Juga: Walhi: Tambang 'Ugal-ugalan' Biang Longsor Satui
Kementerian ESDM, kata Agus, harus berani tegas. Mencabut IUP yang terbukti menjadi penyebab jalan longsor dan permukiman warga yang rusak. "Tertibkan IUP yang tumpang tindih dengan permukiman masyarakat dan jalan nasional," ujarnya.
Selain ESDM, Agus melihat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga harus turun tangan. Hak masyarakat mendapat lingkungan hidup yang layak sesuai UU Nomor 32/2009 terampas akibat insiden 171 Satui.
Ya, dekatnya lokasi galian tambang dengan jalan nasional serta permukiman warga jelas merupakan suatu pelanggaran.Siapa yang Bertanggungjawab?
Walhi mendapati sejumlah perusahaan tambang batu bara yang mengantongi izin usaha pertambangan di sekitar areal longsor 171 Satui.
Di Satui bagian barat, Walhi mengatakan perusahaan yang mengantongi izin dan masih terindikasi beraktivitas adalah PT Mitrajaya Abadi Bersama (PT MJAB).
PT MJAB mendapat izin menambang oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dengan luas konsesi sekitar 198 hektare sejak 2020 silam lewat Surat Keputusan (SK) 503/6-IUP.OP4/DS-DPMPTSP/IV/III/2020.
Kemudian ada juga konsesi PT Arutmin yang baru saja diperpanjang pada November 2020 lalu dari Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) seluas 11.403 hektare dengan nomor SK 221 K/33/MEM/2020 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam Mineral (ESDM).
Baca Juga: Pekan Depan, Pemprov Kalsel Targetkan Jalan Nasional 171 Satui Fungsional
Sementara insiden longsor atau guguran tanah yang menggerus 200 meter ruas jalan dan 23 permukiman warga masuk dalam konsesi IUP PT Arutmin Indonesia.
Agus melihat PT Arutmin juga wajib bertanggung jawab sekalipun mereka tidak melakukan aktivitas penambangan batu bara di lokasi longsor.
Sedangkan yang masih aktif beraktivitas melakukan penambangan hingga saat ini, kata Agus, adalah IUP PT MJAB. Disinyalir dari aktivitas penambangan itulah yang mengakibatkan jalan nasional putus dan permukiman warga rusak-rusak.
"Tapi kalau memang benar tim Kementerian ESDM turun dan melakukan penyelidikan, ada baiknya kita menanti hasil investigasi dan kajian tim ESDM itu," pungkas Agus.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/menteri-esdm-soroti-tragedi-longsor-171-satui-warga-l9jz61e8?page=all
Survei SMRC Munculkan 4 Capres, Buka Peluang Pilpres Dua Kali Putaran
apahabar.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut akan terbuka peluang pilpres akan berlangsung dalam dua putaran jika terdapat 4 capres dalam pilpres 2024 mendatang.
Peluang munculnya empat capres beserta akan terjadinya dua kali putaran pilpres tersebut muncul setelah melalui survei kepada responden jika bersamaan dengan pilpres.
“Kemungkinan yang maju besok itu maksimal hanya diikuti 4 pasangan capres karena itu kita membuat simulasi terhadap empat nama,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam rilis hasil survei SMRC yang disiarkan secara daring di akun YouTube SMRC TV, Minggu (23/10).
Baca Juga: Tingkat Keterpilihan Ganjar Pranowo Mengungguli Prabowo dan Anies
Baca Juga: Capres dan Cawapres, Prabowo dan Cak Imin yang Tentukan
Dalam simulai yang dilakukan SMRC, keempat capres yang muncul di antaranya Ganjar Pranowo dengan tingkat keterpilihan sebesar 31,1 persen jika diusung PDIP. Posisi kedua Prabowo Subianto dengan tingkat keterpilihan sebesar 26,5 persen jika diusung Partai Gerindra dan PKB.
Disusul kemudian Anies Baswedan dengan tingkat keterpilihan sebesar 25,4 persen jika diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. Sedangkan posisi terakhir Airlangga Hartarto dengan tingkat keterpilihan sebesar 2,6 persen jika diusung Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri Partai Golkar, PAN, dan PPP.
“Ini lagi-lagi belum ada calon yang dominan di atas 50 persen dan terbuka kemungkinan akan ada dua kali putaran pilpres,” paparnya
Peluang Ganjar Pranowo jika diusung KIB
Deni menambahkan dalam simulasi kedua yang dilakukan SMRC keempat nama capres yang muncul persis seperti nama-nama sebelumnya. Hanya yang membedakan, jika sebelumnya Ganjar Pranowo diusung PDIP, simulasi kedua menyebutkan jika Ganjar diusung KIB.
Ganjar Pranowo dengan tingkat keterpilihan sebesar 30,1 persen jika diusung Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri Partai Golkar, PAN, dan PPP.
Baca Juga: Anies Baswedan Siap Hadiri Deklarasi Relawan IndonesiAnies
Prabowo Subianto menempati posisi kedua dengan tingkat keterpilihan sebesar 26,4 persen jika diusung Partai Gerindra dan PKB. Disusul Anies Baswedan dengan tingkat keterpilihan sebesar 25,1 persen jika diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.
“Terakhir Puan Maharani jauh tertinggal dengan dukungan sebesar 5,6 persen meski diusung PDIP. Responden yang tidak menjawab sebesar 123,8 persen,” pungkasnya.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/survei-smrc-munculkan-4-capres-buka-peluang-pilpres-dua-kali-putaran-l9l9864n
Puan Maharani Ajak Negara G20 Kerja Nyata Bersama Respons Tantangan Global
apahabar.com, JAKARTA – Kondisi perekonomian global setelah dihantam badai pandemi Covid-19 menyebabkan negara-negara dunia berada dalam kerentanan tinggi. Hal tersebut ditandai dengan lonjakan inflasi, respons kebijakan moneter, perlambatan ekonomi, konflik geopolitik, sampai meluasnya stagflasi.
Ketua Dewan Permusyawaratan Rakyat Puan Maharani mengungkapkan permasalahan tersebut perlu diatasi secara nyata dan kolektif. Sebab, kondisi tersebut diperkirakan akan berlanjut sampai 2023.
“Di samping itu kita masih memiliki sejumlah agenda global untuk direspons melalui kerja kerja nyata antara lain isu yang berkaitan perubahan iklim, lingkungan hidup, ekonomi hijau, ketahanan pangan, energi, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan,” katanya dalam 8th G20 Parliamentary Speaker’s Summit di Gedung DPR, Kamis (6/10).
Puan menilai pertemuan P20 sangat strategis karena negara yang tergabung dalam G20 menguasai 85 persen ekonomi dunia. Termasuk memiliki sebanyak 65 persen penduduk dunia. Sebab, aksi konkret dari G20 akan membawa manfaat nyata tidak hanya G20 tapi juga dunia.
Kerja sama antarnegara diperlukan karena dalam menghadapi gejolak dan tantangan global ke depan diperlukan kolaborasi. Setiap negara membutuhkan kerja sama dengan negara lainnya.
“Masalah lokal dapat dengan mudah berkembang menjadi krisis global dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari rakyat di kehidupan setiap negara,” katanya.
Oleh karena itu, kata Puan, setiap negara harus memperhitungkan kemungkinan terjadinya krisis global. Terutama setiap pembuatan kebijakan di dalam negeri. Salah satunya diperlukan respons bersama yang melibatkan berbagai kalangan dan berbagai perspektif.
Setiap negara memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menghadapi risiko ancaman krisis melalui kerja sama antar negara. Kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya respons setiap negara untuk menanggulangi permasalahan global.
“Hal ini dapat dilakukan melalui sidang P20 dengan komitmen yang kuat untuk menyelamatkan nasib dunia yang ditentukan oleh keputusan yang akan kita ambil,” pungkasnya.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/puan-maharani-ajak-negara-g20-kerja-nyata-bersama-respons-tantangan-global-l8wwgwi8
Fenomena Lonely Death, Warga Korea Selatan yang Mati Kesepian
apahabar.com, JAKARTA - Bisakah Anda membayangkan, bagaimana jadinya bila tak ada seorang pun yang mendampingi Anda di penghujung usia?
Meski terdengar menyedihkan, fenomena mati kesepian adalah hal lumrah di Korea Selatan.
Fenomena tersebut dikenal sebagai lonely death atau godoksa, di mana berarti meninggal tanpa ada kerabat atau keluarga di sisinya.
Melansir laman hani.kr, kejadian ini umumnya menimpa lelaki usia pensiunan: antara 40 sampai 60 tahun.
Sejalan dengan itu, Yayasan Kesejahteraan Seoul pada 2016 menunjukkan orang yang berusia 50 hingga 59 tahun menyumbang sekitar 524 dari 2.181 kasus dugaan lonely death. Ironisnya, jasad mereka seringkali baru ditemukan berbulan-bulan kemudian.
Hal ini mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa penduduk Korea Selatan tinggal sendirian? Mengapa mereka bisa sampai tak punya satu keluarga pun? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasan seputar lonely death.
Putus Hubungan Keluarga
Konsep keluarga di Negeri Ginseng, boleh dibilang, sangat berbeda dengan di Indonesia: meski anak sudah dewasa, mereka umumnya tetap mengunjungi orang tua. Namun, di Korea Selatan tidak demikian.
Di sana, orang yang sudah dewasa memutuskan hubungan dengan keluarganya, atau bahkan diputuskan. Alasannya beragam: entah karena kehidupan individualis, kesenjangan sosial dan ketimpangan gender, hingga tekanan akan persaingan hidup yang ketat.
The Postech Times melaporkan putus hubungan yang demikian membuat orang tua terisolasi secara sosial. Lebih lanjut, menurut Korea Herald, isolasi sosial itu dikarenakan kasus pensiun dini, perceraian, kesehatan memburuk, dan pengangguran kaum muda yang kian tinggi.
“Orang dapat mengalami frustasi psikologis, serta kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan masyarakat karena perubahan sosial-ekonomi,” kata pemimpin Pusat Konseling Lansia Korea, Lee Ho-sun. Hal ini lantas dapat merusak kesehatan fisik, sampai berujung pada kasus lonely death.
‘Mendulang Rezeki’ dari Lonely Death
Meski fenomena lonely death mampu membuat hati trenyuh, segelintir pihak memanfaatkan momen ini untuk mendulang rezeki.
Caranya, dengan membuka penyedia jasa yang khusus membersihkan rumah dan barang-barang milik orang yang mati kesepian.
Salah satu perusahaan tersebut, Harworks KR, mengatakan bahwa ada cukup banyak kasus kematian sendirian yang mereka tangani.
Biasanya, jasa ini dipanggil ketika jasad sudah ditemukan dalam kondisi dekomposisi parah.
Hal tersebut berarti, jenazah sudah membusuk sampai membuat pemilik rumah, tetangga, atau anggota keluarga lain tak mampu menanganinya.
Ironisnya lagi, petugas pembersih seringkali menemukan obat anti-depresan, tumpukan botol alkohol, serta sampah yang berserakan.
Salah seorang petugas bernama Kim Wan, sebagaimana dikutip dari CNN, tak jarang merasa sakit hati saat membersihkan rumah mendiang.
“Terkadang ada tumpukan sampah yang lebih tinggi dari orang yang saya temukan di sebuah rumah. Obat depresi juga kadang saya temukan,” ujarnya.
Melahirkan ‘Menteri Kesepian’
Selain di Negeri Ginseng, lonely death juga banyak terjadi di Jepang. Kondisi ini pun utamanya menimpa lansia yang berusia di atas 60 tahun. Fenomena tersebut dikenal sebagai kodokushi.
Maraknya kasus lonely death di Negeri Sakura ini akhirnya membuat pemerintah membentuk Kementerian Kesepian dan Isolasi pada 12 Februari 2020. Instansi itu bertugas mengatasi persoalan kesepian dan isolasi.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/fenomena-lonely-death-warga-korea-selatan-yang-mati-kesepian-24jdwvrx
Lagi Viral! Kode Pelat Nomor Kendaraan Kalsel Kok Beda dengan Wilayah Kalimantan Lainnya?
apahabar.com, JAKARTA - Jagat maya tengah diramaikan dengan unggahan foto yang memperlihatkan kode pelat nomor kendaraan di seluruh wilayah Kalimantan pada Senin (17/10).
Menariknya, ada yang menjadi pusat perhatian di salah satu foto tersebut, yaitu kode pelat di daerah Kalimantan Selatan menggunakan huruf 'DA' yang berbeda dari provinsi lain.
Seperti diketahui, untuk kode pelat Pulau Kalimantan semuanya berawalan "K', mulai dari Kalimantan Utara menggunakan 'KU', Kalimantan Barat 'KB', Kalimantan Tengah 'KH' dan Kalimantan Timur 'KT'.
Lantas muncul pertanyaan mengapa kode pelat nomor kendaraan Kalimantan Selatan ditulis 'DA', sementara kode provinsi lain di Kalimantan berawalan huruf K?
Baca Juga: Pelat Nomor Hijau Mulai Diterapkan di Daerah Tertentu, Fungsinya Apa?
Sik Dir Lantas Polda Kalimantan Selatan KB Maesa Soegriwo, menjelaskan awal mula munculnya plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) serta mengapa Kalsel menggunakan kode 'DA'.
"Plat nomor atau TNKB pertama kali muncul saat transisi dari kendaraan berkuda dan bermotor pada tahun 1890-1910 pada masa kolonial Hindia Belanda," ujarnya saat dihubungi apahabar.com, Rabu (19/10).
Ia menjelaskan, pada kurun waktu tersebut, kendaraan milik Belanda mulai berdatangan di wilayah Pulau Kalimantan.
"Untuk memudahkan pendataan, pemerintah kolonial menerapkan semacam Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang diistilahkan dengan nama kentekens," jelasnya.
Baca Juga: Bayar Pajak Kendaraan Kini Makin Mudah Berkat Aplikasi Signal
Lebih jelasnya, berdasarkan kode huruf kapital pada pelat nomor, bisa diketahui darimana kendaraan tersebut berasal.
Menurutnya, dalam artikel "Kentekens in Nederlands-Indie", wilayah Zuider en Ooster Afdeeling van Borneo memiliki tanda pelat nomor kendaraan bermotor (ketenkens) dengan kode DA.
"Kode DA tetap dipertahankan setelah masa kemerdekaan di Kalimantan Selatan, walaupun secara administratif sudah menjadi provinsi tersendiri sejak 14 Agustus 1950," pungkasnya.
Baca Juga: RailwayTech Indonesia 2022 Hadir Tampilkan Teknologi dan Inovasi Transportasi Kereta Api dan Maritim
Sementara itu, Sejarawan Kalimantan Selatan, Mansyur menceritakan perbedaan kode plat wilayah Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Barat sebagai contohnya.
"Di wilayah Kalimantan Barat, kode plat lamanya berhuruf BR. Sedangkan Kalimantan Selatan menggunakan kode DA," ujarnya.
"Namun, setelah kemerdekaan Kalbar menggunakan kode KB, sementara Kalsel tetap memakai DA," tutupnya.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/kode-pelat-nomor-kendaraan-kalsel-kok-beda-dengan-wilayah-kalimantan-lain-l9fg772a
Buruan! PT KAI Buka Lowongan Kerja untuk Tingkat SMA dan D3, Simak Ketentuannya
apahabar.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) buka lowongan kerja besar-besaran. Lowongan ini hanya dibuka sampai 24 Oktober 2022 saja.
Lowongan kerja PT KAI yang dibuka untuk tingkat SLTA atau sederajat dan D3 ini adalah untuk Gelombang II Tahun 2022. Berikut informasi tentang lowongan kerja PT KAI.
Dilansir dari situs resmi rekrutmen KAI, Jum'at (21/10/2022), saat ini KAI sedang membuka lowongan untuk formasi Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana dan Kondektur.
Berikut merupakan informasi lengkapnya.
Kriteria Pelamar Lowongan Kerja KAI
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Jenis Kelamin Pria
3. Sehat jasmani/rohani
4. Memiliki Ijazah :
a. SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan nilai :
- Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol)
- Nilai Akhir Sekolah rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol) bagi lulusan mulai tahun 2020.
b. D3 dengan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "B" dari BAN-PT.
5. Usia pelamar per 01 Oktober 2022 :
a. Tingkat Pendidikan SLTA serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun
b. Tingkat Pendidikan D3 serendah-rendahnya 20 (dua puluh) tahun dan setinggi-tingginya 27 (dua puluh tujuh) tahun.
6. Memiliki tinggi badan :
a. Untuk Formasi Operasional dan Pemeliharaan (SLTA & D3) minimal 160 cm dengan berat badan ideal
b. Untuk Formasi Kondektur (SLTA & D3) minimal 163 cm dengan berat badan ideal
7. Berkelakuan baik
8. Tidak bertato dan tidak bertindik
9. Tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika
10. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap
11. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat
12. Tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan
13. Bersedia mengikuti seleksi rekrutmen sesuai ketentuan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero)
14. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Ketentuan Khusus Pelamar Lowongan Kerja KAI
1. Tidak sedang mengikuti dan/atau mendaftar, termasuk yang sudah dinyatakan tidak lulus pada tahapan seleksi rekrutmen yang sedang berjalan di PT Kereta Api Indonesia (Persero)
2. Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang)
3. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero)
4. Bersedia ditempatkan atau dialihkan pada formasi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero)
5. Penetapan formasi pekerjaan didasarkan pada hasil seleksi rekrutmen masing-masing pelamar dan kebutuhan perusahaan
6. Pemilihan lokasi seleksi tidak menentukan penempatan calon pekerja
7. Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi
Persyaratan Pelamar Lowongan Kerja KAI
1. Pas foto terbaru
2. Ijazah SLTA/D3 asli atau fotocopy legalisir
3. Transkrip Nilai SLTA/D3 atau Nilai Ujian Nasional asli (SKHUN) atau fotocopy legalisir
4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku
5. Akreditasi jurusan program studi D3 pada saat tanggal kelulusan
6. Untuk peserta dengan tingkat pendidikan D3 wajib melampirkan Ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK)
7. Untuk tingkat pendidikan D3 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal sebagai berikut :
a. TOEFL ITP : 400
b. TOEFL PBT/iBT: 32
d. TOEIC : 345
e. IELTS : 4,5
8. Khusus formasi SLTA - Kondektur wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal sebagai berikut:
a. TOEFL ITP : 350
b. TOEFL PBT/iBT: 20
d. TOEIC : 260
e. IELTS : 2,5
Formasi Lowongan Kerja yang Dibuka
1. SLTA - Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasaran
a. Jurusan:
- SMA/MA: IPA, IPS, dan Bahasa
- SMK/MAK: Teknik Mesin, Otomotif, Ketenagalistrikan, Elektro/Elektronika/Mekatronika, Bangunan, Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mesin Pesawat Udara dan Teknik Mesin Perkapalan
b. Syarat dokumen: Identitas KTP, Ijazah SLTA, Transkrip UN/UAN SLTA
2. SLTA - Kondektur
a. Jurusan:
- SMA/MA: IPA, IPS, dan Bahasa
- SMK/MAK: Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Perhotelan & Pariwisata
b. Syarat Dokumen: Identitas KTP, Ijazah SLTA, Sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL PBT iBT atau IELTS atau TOEIC untuk tingkat SLTA, Transkrip UN/UAN SLTA
3. D3 - Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasaran
a. Jurusan: Teknik Elektro/Elektronika/Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Fisika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Sipil, Teknik Listrik, Teknik Industri, Teknik Informatika, Perkeretaapian
b. Syarat Dokumen: Akreditasi D3, Identitas KTP, Ijazah D3, Sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL PBT iBT atau IELTS atau TOEIC D3, Transkrip nilai D3
4. D3 - Kondektur
a. Jurusan: Ilmu Komunikasi, Manajemen
b. Syarat Dokumen: Akreditasi D3, Identitas KTP, Ijazah D3, Sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL PBT iBT atau IELTS atau TOEIC D3, Transkrip nilai D3
Tahapan Seleksi Lowongan Kerja KAI
Tahap 1 : Seleksi Administrasi
Tahap 2 : Seleksi Kesehatan Awal
Tahap 3 : Seleksi Psikologi
Tahap 4 : Seleksi Wawancara
Tahap 5 : Seleksi Kesehatan Akhir
Untuk informasi selengkapnya, peserta rekrutmen dapat mengunjungi laman resmi PT KAI melalui alamat recruitment.kai.id, atau dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI121.
Seluruh proses rekrutmen KAI tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund, serta tidak bekerja sama dengan agen travel penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen.
PT KAI turut mengimbau masyarakat agar mewaspadai segala jenis bentuk penipuan yang mengatasnamakan rekrutmen KAI, serta mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/pt-kai-buka-lowongan-kerja-untuk-tingkat-sma-dan-d3-24k7iawu
Cara Berkendara Aman di Belakang Truk agar Selamat sampai Tujuan
apahabar.com, JAKARTA – Cara berkendara aman di sekitar truk agar terhindar dari kecelakaan maut yang bisa saja terjadi.
Sudah banyak contoh, saat kita berkendara di sekitar truk sering kali terlibat kecelakaan.
Alasannya bisa dari rem blong, patah as roda, hingga pecah ban atau pun kelalaian pengemudi.
Selain itu, truk juga memiliki area blind spot atau titik buta yang membuat pengemudi tidak bisa melihat kendaraan lain di sekitarnya, terutama pada kaca spion.
Baca Juga: Tips Cara Menghindari Terjadinya Aquaplanning di Jalan
Tak mengherankan jika banyak pengendara lebih memilih menghindari truk saat bertemu di jalan.
Mau tidak mau pengemudi kendaraan pribadi yang berada di sekitar atau di belakang truk atau kendaraan berat lainnya harus lebih berhati-hati dan selalu waspada.
Praktisi Keselamatan Berkendara yang sekaligus pendiri Safety Driving Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, memberikan tips cara berkendara agar aman selamat saat berada di belakang atau sekitar truk.
Jaga Jarak Aman
Menurut lelaki yang juga mengajar sebagai Training Director di SDCI ini, langkah awal yang harus dilakukan pengemudi kendaraan pribadi adalah menjaga jarak aman 4-6 meter kedepan.
Apabila jarak pandang hanya 100 meter maka disarankan untuk menyalakan lampu jauh.
“Kemudian, jangan mengikuti truk dengan jarak yang terlalu dekat, karena mobil tidak terlihat oleh sopir truk,” kata Sony kepada apahabar.com, beberapa waktu lalu.
Baca Juga: Masuk Akhir Tahun: 5 Tips Agar Berkendara Aman saat Musim Hujan
“Menjaga jarak aman ketika kita sebagai pengemudi, bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, tapi juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Sehingga bisa mengantisipasi pergerakan truk terutama apabila truk tersebut mengerem mendadak,” sambungnya.
Jaga Kecepatan
Perihal mengatur kecepatan kendaraan saat bertemu dengan truk, menurut Sony itu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
“Mengemudi dengan kecepatan tinggi boleh saja, tapi perhatikan pengendara lain di sekitar Anda, mereka juga membutuhkan jalan untuk akses kendaraannya,” ungkapnya.
Jaga Emosi
Terkadang beberapa pengendara terlihat bernafsu untuk mendahului truk dari sisi kiri. Hal ini dapat membahayakan bagi pengendara tersebut maupun sopir truk.
“Dengan kita mampu menstabilkan emosi saat berkendara, hal-hal seperti ini diharapkan dapat berkurang, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya,” tutupnya.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/cara-berkendara-aman-di-sekitar-truk-agar-selamat-sampai-tujuan-l9lmxzh8
Ganjar Tak Jadi Capres, SMRC: Suara Dukungan ke Puan Tidak Otomatis Meningkat
apahabar.com, JAKARTA – Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengungkapkan bila muncul skenario Ganjar Pranowo tidak mencalonkan diri sebagai calon presiden, tidak secara otomatis suara pendukung Ganjar akan berpindah mendukung ke Puan Maharani.
Skenario tersebut muncul karena nama Ganjar santer mendapatkan dukungan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP. Sementara itu, PDIP tempat Ganjar menjadi kader politik belum menentukan nama capres yang akan diusung PDIP.
“Tidak langsung otomatis ada limpahan suara dari pendukung Ganjar ke Puan ketika Ganjar tidak maju,” katanya dalam rilis hasil survei SMRC yang disiarkan secara daring di akun YouTube SMRC TV, Minggu (23/10).
Baca Juga: Tingkat Keterpilihan Ganjar Pranowo Mengungguli Prabowo dan Anies
Hal itu terungkap dalam survei simulasi SMRC tentang daftar capres dengan tidak melibatkan nama Ganjar Pranowo.
Tidak adanya nama Ganjar Pranowo dalam daftar empat capres, membuat nama Prabowo Subianto yang selama ini berada di urutan kedua berubah menempati posisi pertama dengan tingkat keterpilihan sebesar 36,2 persen jika diusung Partai Gerindra dan PKB.
Nama Anies Baswedan yang biasanya berada di posisi ketiga dengan posisi persis di bawah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, mengalami kenaikkan berada di posisi kedua dengan tingkat keterpilihan sebesar 29,7 persen jika diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.
Baca Juga: Survei SMRC Sebut Pendukung Ganjar dari Kalangan Muslim Lebih Banyak Dibanding Anies
“Prabowo dari Desember 2021 ke Oktober 2022 porsi keterpilihannya sebesar 38,7 persen mengalami penurunan menjadi 36,2 persen. Sedikit menurun tapi tidak besar. Sedangkan Anies Baswedan dari 26,6 persen menjadi 29,7 persen. Mengalami kenaikan sedikit sekitar 3 persen,” paparnya.
Adapun Puan Maharani yang sepenuhnya hanya diusung PDIP hanya mendapatkan tingkat keterpilihan sebesar 9,3 persen. Sementera itu, Airlangga Hartarto memiliki tingkat keterpilihan sebesar 5,4 persen jika diusung dengan Koalisi Indonesia Bersatu.
“Dalam konteks Ganjar tidak menjadi capres, jumlah responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 19,5 persen,” jelasnya.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/ganjar-tak-jadi-capres-smrc-suara-dukungan-ke-puan-tidak-otomatis-meningkat-l9lbj87h
Tingkat Keterpilihan Ganjar Pranowo Mengungguli Prabowo dan Anies
apahabar.com, JAKARTA – Nama Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dalam tingkat keterpilihan dalam pemilihan presiden. Hal itu diketahui melalui survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 3-9 Oktober 2022.
Dalam survei yang dilakukan SMRC tersebut Ganjar Pranowo mendapatkan porsi keterpilihan sebesar 24 persen, Prabowo Subianto sebesar 21 persen, dan Anies Baswedan sebesar 18,7 persen. Angka tersebut muncul jika pilpres dilakukan bersamaan dengan survei yang dilakukan SMRC.
“Justru nama nama non parpol yang cukup kompetitif seperti Anies Baswedan dan Ganjar bukan pemimpin partai tapi sebagai kader partai mendapatkan dukungan yang besar,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam rilis hasil survei SMRC yang disiarkan secara daring di akun YouTube SMRC TV, Minggu (23/10).
Baca Juga: DPW PAN Kalsel Deklarasikan Ganjar, Pengamat: Tidak Sejalan dengan Pusat
Adapun populasi survei yang dilibatkan merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas dengan populasi yang dilih secara random (multistage random sampling) ke sebanyak 1.220 responden.
Sebanyak 84 persen di antaranya atau setara 1.027 responden diwawancarai secara valid atau tatap muka. Margin of error yang dengan sampel tersebut diperkirakan mencapai 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
Survei yang dilakukan SMRC ini merupakan simulasi semi terbuka dengan memberikan daftar nama bakal calon presiden. Responden juga diberikan kesempatan untuk memilih nama lain selain daftar bakal calon presiden yang diajukan.
“Sehingga ini simulasi yang inklusif. Siapapun tokoh yang memiliki dukungan yang besar akan muncul dalam jenis pertanyaan ini,” paparnya.
Baca Juga: Ganjar: PNS Harus Layani Masyarakat Secara Mudah, Murah dan Cepat
Selain ketiga nama tersebut posisi keempat ditempati Ridwan Kamil 3,5 persen, Basuki Tjahaja Purnama 2,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,3 persen, Puan Maharani 2,1 persen, Muhaimin Iskandar 1,8 persen, dan Megawati Soekarno Putri 1,5 persen.
Adapun Sandiaga Uno dan Ma’ruf Amin sebesar 1,0 persen, disusul Susi Pujiastuti sebesar 0,8 persen, Tri Rismaharini dan Erick Thohir sebesar 0,7 persen, Airlangga Hartarto dan Salim Segaf Al Jufri 0,6 persen.
Sedangkan Andika Perkasa, Mahfud MD, dan Luhut Binsar Panjaitan sebesar 0,5 persen. Disusul Khofifah Indah Parawansa 0,4 persen. Akhmad Syaikhu, Tito Karnavian, Hutomo Mandala Putra, Sri Mulyani, Anis Mata, Emil Dardak, Gatot Nurmantyo masing-masing sebesar 0,2 persen.
Baca Juga: DPP Respons Manuver PAN Kalsel Deklarasikan Ganjar: Bukan Instruksi
Tokoh lain dengan porsi keterpilihan sebesar 0,1 persen di antaranya seperti Habib Rizieq Shihab, Yusril Ihza Mahendra, Surya Paloh, Bambang Soesatyo,, Moeldoko, Muhadjir Effendi, Dudung Abdurrahman, Bima Arya, dan Hari Tanoesoedibjo.
Sisanya seperti Zulkifli Hasan, Yussuf Solichien, Yudo Margono, Suharso Monoarfa, Oesman Sapta Odang, Nadiem Makarim, Grace Natalie, Giring Ganesha, dan Budi Gunawan masing-masing memiliki porsi keterpilihan sebesar 0,0 persen.
“Sedangkan sebanyak 11,1 persen responden tidak tahu,” pungkasnya.
Sumber Utama : https://apahabar.com/post/tingkat-keterpilihan-ganjar-pranowo-mengungguli-prabowo-dan-anies-l9l708qx
Klik juga PETUNJUK !!! Jokowi penentu 2024
Klik Resesi Dunia : Berita Luar Negeri
Juga Klik Indonesia Memanggil !!! ... Tapi bukan jadi tahanan KPK ???
Klik juga di "PERANG BINTANG"
Juga Klik Banua Banjar Terkini !!!
Klik 2024 pertarungan Ideologi PANCASILA vs Ideologi Khilafah versi ormas terlarang !!!!!
Juga klik Sukseskan MTQ ke-29 , 10-19 Oktober 2022 di KalSel
Klik BLUNDER atau apa ?
Klik juga MAHSA AMINI & Politik Identitas di Indonesia .... !!!
Klik Ganjar "MELAWAN" Anies ???!!!???
Klik Peran "Mantan kader GOLKAR" tentukan Anies jadi CAPRES
Kaitan dengan mantan kader golkar klik disini
Klik juga "Pander Wara" (Ngomong Doang), gugat ibukota ke Banjarbaru, malah Gugatan dicabut duluan ??!!??
Bukti UAS selalu di Undang di birokrasi KalSel :
- https://apahabar.com/2020/03/tablig-akbar-di-hari-jadi-banjarbaru-pemkot-undang-uas-dan-guru-zuhdi/
- https://apahabar.com/2022/09/uas-ke-banjarmasin-harapan-harjad-ke-496/
- https://www.beritapembaruan.id/2021/11/tiga-tahun-penantian-akhirnya-dai.html
- Video Ustadz Abdul Somad Anti NKRI & Dukung Khilafah, Pengurus HTI Riau
- Ustadz Abdul Somad hina salib kristen
Klik Politik Lagi ???!!!
Juga klik MUSUH Republik Islam Iran & Republik Indonesia "Sama", yaitu "HOAX"
Klik Fokus untuk Daerah Sendiri, karena daerah menjadi Baik dan Benar maka Negarapun menjadi BENAR
KLIK juga Belum 2024 "Sudah Panas", Rakyat Indonesia wajib "MIKIR"
Klik Memahami "Masalah" di KalSel
Juga Klik Turun Gunung atau ???
Klik BJORKA dianggap "PAHLAWAN" atau "PENJAHAT" ..???!!!
Klik 12 September 2022 DEMO bawa-bawa nama Rakyat ???!!!
Juga Klik DEMO bela Rakyat atau BELA para MAFIA ???!!!
Klik juga Indonesia kembali "BERJAYA", masa Jokowi lagi ??
Klik Tuntutan RAKYAT ??? atau Tuntutan yang ditunggangi para MAFIA !!!!!
Juga Klik Pengertian Istilah Baby boomers, X, Y, Z, dan Alpha
Klik juga BERSYUKUR kepada TUHAN SANG MAHA SEGALANYA, Emang yang DEMO sudah BERSYUKUR ???!!!
Klik PAHAMI baru EKSEKUSI !!!!!
Klik juga KACAU atau Apa ??!!
Klik Sayap-Sayap Patah pro DENSUS 88 atau Anda Bela Teroris berbaju Agama !!??
Klik Mahasiswa DEMO terus ??!!! Memang punya SOLUSI?? atau Malah bikin rakyat tambah sengsara !!!!!
KLIK juga KalSel dalam Berita
Juga KLIK Kadrun itu Susah "Move On", Joget pun "SALAH"
Klik ISTANA NEGARA 17an "Ojo dibandingke" VIRAL
Klik Jangan BACA !!!
KLIK di Amien Rais bilang "Gangguan Kejiwaan", ternyata Anaknya "Gangguan Jiwa", benarkah ??!!
Klik Kenapa Pilih Ganjar ?!!!?
Klik Masih tentang ACT dan PKS, MANULIFE hingga BUMN serta Dana CSR
Klik juga ACT & PKS, Ustadz Bechi dan Gubernur Rasa Presiden !!!
Klik juga Mahasiswa "Bela Rakyat" atau "Bela Cukong yang membacking Mahasiswa" ..??!!!
Klik ACT (Aksi Cepat Tanggap) "TERBONGKAR" , VIRAL #JanganPercayaACT
Klik juga VIRAL : Gabung PKS "HARAM" bagi GP Ansor !!!
Klik Super Hero Indonesia "Damaikan Dunia" !!!
Klik LITERASI , apa sih artinya ??
Klik Indonesia & Ukraina : Pertemuan tete-a-tete atau empat mata
Silahkan klik Warga KalSel di "Waluhi OLIGARKI Daerah" atau Oligarki Pusat ?!!!
Klik Jejak Anies dan Intoleransi yang BERBAHAYA untuk Indonesia
Klik juga : Dunia HEBOH ... !!!
Silahkan klik Benturkan Agama !!! buat Cebong dan Kampret Berkelahi dan KADRUN Berjaya !!!
Klik RIBUT
klik juga "VIRAL" Film Lady Of Heaven dan VERSI LONDON (Syi'ah London, Sunni AS, HTI London Dll)
KELEBIHAN Bayar ?? VS Korupsi ... !!!
Klik juga Saatnya Pakai Akal SEHAT, Bukan Pake Kata DUNGU !!!!!!
Klik juga 2024 saatnya seluruh warga Banua Banjar KalSel turun memberikan suara !!!
Klik juga Politisisasi Agama menghasilkan HOAX yang Terpercaya !!!
Warga Banua Banjar 2024 pengen yang Baru di parlemen KalSel !!!!
Foto-foto BEM SI (Badan Executive Mahasiswa Seluruh Indonesia) dan simpatisannya ??!!??
DAYAK VIRAL : #MaafBolehSajaProsesHukumTetapBerjalan !!!!!
Benang Merah DEMO di KalSel !!!
Silahkan klik ini juga : "Operasi
Doktrin Terorisme ukhti FPI" : Muhammad Uhaib As’ad Ketua KAMI Kal-Sel
sebut Rezim Sekarang "Tidak Berbeda" dengan Rezim ORBA ?!!!
Sebagai pelengkap klik ini juga ya : Fraksi PKS & Demokrat "Jangan Buang Badan" - DEMO : Muhammad Uhaib As’ad , Ahdiat Zairullah hingga Rocky Gerung
Info tambahan Klik juga Ade Armando Doa Kebaikan Untukmu : Cuci Otak "Anak Muda" akhirnya apapun SALAH tanpa AKHLAK
yang ini klik Saatnya PERCAYA TUHAN dan Jokowi !!! Demo 11 April 2022, MAHASISWA atau MAHASEWA ??!!!
klik juga ini Demo 11 APRIL : Ustadz Ormas Terlarang HTI di "SANJUNG" di KalSel, ini buktinya !!! Benarkah kader Ormas Terlarang HTI !!!
klik juga ini #JanganMaudiWALUHi
juga ini Foto-foto BEM SI (Badan Executive Mahasiswa Seluruh Indonesia) dan simpatisannya ??!!??
yang ini juga klik #JokowiSelaluSALAH
Jangan lupa klik ini juga Mengenal Wakil Rakyat KALSEL dan Kota Banjarmasin 2019-2024
serta klik ini 2024 : Saatnya Partai baru SUKSES di KalSel hingga Indonesia !!!
https://gusdurian.net/pernyataan-sikap-jaringan-gusdurian-mengutuk-segala-bentuk-kekerasan/
Klik juga videonya dilink dibawah ini :BONGKAR OTAK DALANG AKSI 11 APRIL
Di bantu share agar masyarakat tidak ikut ikutan🙏🙏 Salam Indonesia Damai
Re-post by Migo Berita / Senin/24102022/11.05Wita/Bjm